Malam Ini, Kosmonot Rusia Akan Melakukan 'Spacewalk' di Luar Angkasa

Pada Rabu, 3 Februari 2016, NASA TV akan menyiarkan liputan langsung dari luar angkasa saat kosmonot Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melakukan spacewalk. Siaran langsung akan dimulai pukul 19:30 WIB malam ini. Dan spacewalk itu sendiri akan dimulai pada sekitar pukul 20:10 WIB hingga 5,5 jam ke depan.
Kosmonot Rusia Alexander Skvortsov sedang spacewalk pada misi Ekspedisi 40. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pada Rabu, 3 Februari 2016, NASA TV akan menyiarkan liputan langsung dari luar angkasa saat kosmonot Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melakukan spacewalk. Siaran langsung akan dimulai pukul 19:30 WIB malam ini. Dan spacewalk itu sendiri akan dimulai pada sekitar pukul 20:10 WIB hingga 5,5 jam ke depan.

Kosmonot--sebutan "astronot" untuk orang Rusia--yang akan melakukan spacewalk ini adalah Insinyur Penerbangan Ekpedisi 46 Yuri Malenchenko dan Sergey Volkov dari Agensi Antariksa Federal Rusia (Roscosmos).

Mereka melakukan spacewalk untuk menyebarkan dan mengambil beberapa paket percobaan pada modul Zvezda dan modul Poisk, serta menginstal perangkat yang disebut gap spanner, yang akan ditempatkan pada lambung ISS untuk memfasilitasi gerakan anggota astronot maupun kosmonot yang spacewalk di masa mendatang.

Malenchenko dan Volkov juga akan menginstal percobaan Vinoslivost, yang akan menguji efek dari lingkungan luar angkasa pada berbagai sampel bahan struktural, dan menguji perangkat yang disebut eksperimen Restavratsiya, yang dapat digunakan sebagai lem pelapis khusus untuk permukaan eksternal dari segmen dan modul ISS milik Rusia.

Pasangan kosmonot ini juga tidak lupa untuk mengambil percobaan EXPOSE-R, sebuah sampel biologis dan biokimia yang ditempatkan di lingkungan luar angkasa yang ekstrem. Program EXPOSE ini merupakan bagian dari penelitian European Space Agency (ESA) dalam studi astrobiologi, atau studi tentang asal-usul, evolusi dan distribusi kehidupan di alam semesta.

Spacewalk ini akan menjadi spacewalk ke-193 dalam sejarah ISS untuk mendukung perakitan dan pemeliharaan ISS, ini juga merupakan spacewalk keenam untuk Malenchenko dan spacewalk keempat untuk Volkov. Keduanya akan memakai baju kosmonot Rusia dengan garis-garis khas berwarna biru.

Anda dapat menyaksikan spacewalk melalui NASA TV dengan klik di sini.