Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

HARI INI 1972: Uni Soviet Daratkan Luna 20 di Permukaan Bulan

Luna 20 adalah dua dari tiga wahana antariksa misi pendaratan di Bulan oleh Uni Soviet yang sukses untuk mengembalikan sampel pasir dan batuan Bulan kembali ke Bumi. Luna 20 memasuki orbit bBulan pada tanggal 18 Februari 1972, dan pada tanggal 21 Februari 1972 Luna 20 mendarat dengan mulus di Bulan pada daerah pegunungan bernama Terra Apollonius.
Lokasi modul Luna 20 dipotret oleh LRO milik NASA. Kredit: NASA
Info Astronomy - Luna 20 adalah dua dari tiga wahana antariksa misi pendaratan di Bulan oleh Uni Soviet yang sukses untuk mengembalikan sampel pasir dan batuan Bulan kembali ke Bumi. Luna 20 memasuki orbit bBulan pada tanggal 18 Februari 1972, dan pada tanggal 21 Februari 1972 Luna 20 mendarat dengan mulus di Bulan pada daerah pegunungan bernama Terra Apollonius.

Lokasi pendaratan wahana antariksa nirawak ini berada di dekat Mare Fecunditatis, 120 km dari wahana antariksa sebelumnya (yang juga milik Soviet), Luna 16 mendarat. Ketika di permukaan Bulan, sistem panorama dioperasikan, sampel pasir dan batuan Bulan diperoleh dengan cara pengeboran dengan lengan robotik khusus pada Luna 20.

Ketika kembali ke Bumi pada tahun 22 Februari 1972, Luna 20 berhasil membawa 30 gram sampel pasir dan batuan Bulan yang dikumpulkan dalam sebuah kapsul yang tersegel. Luna 20 akhirnya berhasil mendarat di Uni Soviet pada 25 Februari 1972. Sampel Bulan itu ditemukan keesokan harinya dalam pencarian yang sedikit menyulitkan.

Luna 20 adalah wahana antariksa milik Uni Soviet kedelapan yang diluncurkan dengan misi kembali ke Bumi setelah mendarat di Bulan. Dan di era modern ini, Uni Soviet yang telah menjadi Rusia telah melakukan manuver bersama Eropa untuk misi ke Bulan lagi, yang dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2018 mendatang.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.