Dinihari 1 Maret, Planet Mars Bersinar di Sebelah Bulan

Letak Bulan dan Planet Mars pada tengah malam, 1 Maret 2016. Ilustrator: Info Astronomy
Info Astronomy - Peristiwa langit yang menarik akan membuka Maret 2016. Bulan dan Mars akan berdekatan di langit tengah malam hingga dinihari pada Selasa, 1 Maret, dan hanya terpisah sekitar 3°31' satu sama lain.

Dari Indonesia, pasangan ini akan terbit di ufuk Timur pukul 23:01 waktu lokal daerah Anda. Mereka kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 04:59 waktu lokal, yakni pada ketinggian 77° di atas horison Selatan daerah Anda. Mereka akan hilang dalam cahaya fajar sekitar pukul 05:43 waktu lokal.

Pada saat pendekatan terdekat atau konjungsi ini, Bulan akan bersinar di magnitudo -12,0, dan Mars di magnitudo -0.1, keduanya akan berada di konstelasi Libra.

Jika Anda mengamati dengan mata telanjang saja, Planet Mars hanya akan nampak bagai bintang kemerahan di dekat Bulan. Namun jika Anda memiliki teleskop, Anda berkesempatan melihat Mars lebih dekat dan lebih mudah karena Bulan akan membantu Anda menemukannya. Sayangnya, pasangan ini akan terlalu luas terpisah agar muat dalam satu bidang pandang teleskop.

Bisa diamati di seluruh Indonesia selama langit cerah. Selamat observasi!