Tim Astronom Temukan Planet yang Sendirian dengan Bintang Induknya yang Jauh

Sebuah tim astronom asal Inggris, Amerika Serikat dan Australia telah berhasil menemukan sebuah planet, yang dianggap sebagai planet kesepian, dalam orbit jang jauh dari bintang induknya. Diberi kode nama 2MASS J2126, planet ini berjarak sekitar 1 triliun kilometer dari bintang induknya, atau sekitar 7000 kali jarak dari Bumi ke Matahari.
Ilustrasi planet asing 2MASS J2126 dan bintang induknya yang jauh bernama TYC 9486-927-1. Kredit: Neil Cook
Info Astronomy - Sebuah tim astronom asal Inggris, Amerika Serikat dan Australia telah berhasil menemukan sebuah planet, yang dianggap sebagai planet kesepian, dalam orbit yang jauh dari bintang induknya. Diberi kode nama 2MASS J2126, planet ini berjarak sekitar 1 triliun kilometer dari bintang induknya, atau sekitar 7000 kali jarak dari Bumi ke Matahari.

Temuan planet ekstrasurya kesepian ini (yang selanjutnya penulis sebut 2MASS saja), telah terbitkan makalah penelitiannya di Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society, pada 24 Januari 2016.

Dalam lima tahun terakhir sejumlah planet yang kesepian seperti ini memang telah banyak ditemukan. Ini merupakan jenis planet gas raksasa mirip Jupiter yang tidak memiliki massa yang cukup untuk melakukan reaksi nuklir agar menjadi sebuah bintang. Disebut kesepian, karena planet-planet ini tidak memiliki bintang induk atau jaraknya amat sangat jauh dari bintang induk.

Mengukur suhu dari benda-benda seperti ini ternyata juta relatif mudah, tergantung pada massa dan usia. Ini berarti para astronom perlu mencari tahu berapa usia mereka, sebelum para astronom dapat mengetahui apakah mereka cukup ringan massanya untuk menjadi planet atau cukup berat massanya untuk disebut 'bintang gagal' yang dikenal juga sebagai katai coklat atau brown dwarf.

Peneliti yang berbasis di AS menemukan planet 2MASS dengan melakukan survei inframerah. Pada tahun 2014, peneliti di Kanada mengidentifikasi planet 2MASS mungkin merupakan anggota dari kelompok bintang katai coklat berusia 45 juta tahun yang dikenal sebagai Asosiasi Horologium Tucana.

Planet 2MASS ini mengorbit sebuah bintang berkode nama TYC 9486-927-1, sebuah bintang yang telah diidentifikasi sebagai bintang katai merah. Menurut diagram Hertzsprung-Russell, bintang katai merah adalah bintang kecil (kurang lebih 10% massa Matahari) dan relatif dingin (lebih kecil dari 3.500 K). Katai merah tidak banyak mengalami tahap-tahap evolusi (semakin besar bintang tahap evolusinya semakin banyak), tidak meledak-ledak dan berumur panjang (dapat mencapai 100 miliar tahun).

Penulis utama makalah studi planet 2MASS, Dr Niall Deacon dari University of Hertfordshire telah menghabiskan beberapa tahun terakhir mencari bintang muda seperti ini yang diorbiti planet. Ia menemukan bahwa TYC 9486-927-1 dan 2MASS J2126 berjarak sekitar 104 tahun cahaya dari Matahari.

Planet 2MASS dan bintang TYC pada citra inframerah, tanda panah adalah arah gerak mereka dalam 1000 tahun. Kredit: S. Murphy/ANU/2MASS
"Ini merupakan sistem planet terluas yang penah ditemukan sejauh ini, dan kedua obyek ini telah dikenal selama delapan tahun terakhir," kata Dr Deacon, "Walau begitu, tidak ada yang telah mempelajari kedua obyek ini. Awalnya kami pikir ini bukan planet yang kesepian, namun setelah pengamatan berkali-kali kami bisa menentukan jaraknya dari bintang induknya."

Berdasarkan usia bintang yang telah diketahui, tim astronom mampu untuk memperkirakan massa 2MASS, yakni antara 11,6 hingga 15 kali massa Jupiter. Planet 2MASS berada pada batas antara klasifikasi planet dan katai coklat. Ini berarti bahwa 2MASS merupakan salah satu planet pertama yang telah dicitrakan secara langsung dicitrakan setelah planet beta Pictoris b.

"Dibandingkan dengan beta Pictoris b, planet 2MASS berjarak 700 kali lebih jauh dari bintang induknya," kata Dr Simon Murphy dari Universitas Nasional Australia.

Planet 2MASS adalah 7000 kali lebih jauh dari bintang induknya dibanding jarak Bumi-Matahari, hal ini membuat planet 2MASS merupakan planet dengan orbit terluas yang pernah ditemukan di alam semesta. Pada jarak tersebut, planet 2MASS membutuhkan kira-kira 900.000 tahun untuk menyelesaikan satu orbit!