Rapper B.o.B Klaim Bumi Datar, Neil deGrasse Tyson Membalas dengan "Rap Battle"

Selamat datang di tahun 2016: Tahun di mana seorang astrofisikawan dan musisi melakukan "rap battle" untuk berdebat apakah Bumi itu bulat atau datar. Neil deGrasse Tyson telah ikut dalam twitwar ("perang" argumen di Twitter) dengan rapper BoB, yang membuat kedunya merilis lagu rap di YouTube.
Kiri: Neil deGrasse Tyson, kanan: Rapper B.o.B. Kredit: Telegraph
Info Astronomy - Selamat datang di tahun 2016: Tahun di mana seorang astrofisikawan dan musisi melakukan "rap battle" untuk berdebat apakah Bumi itu bulat atau datar. Neil deGrasse Tyson telah ikut dalam twitwar ("perang" argumen di Twitter) dengan rapper BoB, yang membuat kedunya merilis lagu rap di YouTube.

BoB, rapper asal Amerika berusia 27 tahun, telah terkenal (atau lebih tepatnya dicemooh) di ranah dunia maya ketika ia menuliskan tweet di akun Twitter-nya baru-baru ini tentang teori Bumi datar. Dia berkicau berkali-kali tentang bagaimana cakrawala tampak tak melengkung apabila Bumi benar-benar bulat.

Ia juga menyerang NASA, dan mengganggapnya "penipu dunia selama lebih dari 50 tahun," mengklaim semua gambar Bumi yang dirilis NASA sebenarnya hanya hasil photoshop. Benarkah demikian?

Awal dari kegaduhan Neil Tyson dengan BoB berawal pada hari Senin, 25 Januari 2016 ketika Tyson menunjukkan beberapa kelemahan dalam argumen "Bumi datar" BoB.

BoB berkata bahwa cakrawala Manhattan dari Harriman State Park Bear Mountain, sekitar 96 km jauhnya, bangunan-bangunan di sana seharusnya tidak akan terlihat jika Bumi melengkung (bulat). Hal ini mendorong astrofisikawan terkenal Neil deGrasse Tyson menunjukkan persepsi BoB salah. Tyson mengatakan: "Lengkungan Bumi memang menutupi 150 kaki (bukan 170) di Manhattan. Tapi kebanyakan bangunan di tengah kota berada lebih tinggi dari itu."

Fans berpikir bahwa rapper itu menggunakan klaim ini untuk mempromosikan musiknya, tapi ia meyakinkan mereka bahwa ia tidak melakukan itu. BoB lantas merilis video lagu rap yang menyatakan Bumi datar, tonton di bawah ini:

Tapi pada Selasa (23/1) sore, Tyson menjawab dengan video lagi rap-nya sendiri, dengan bantuan keponakannya, Steve Tyson yang merupakan musisi hip-hop. Lagu rap dari Tyson cukup unik dan nyelekit bagi BoB, dan lirik akhir yang seperti ini: "Dude, to be clear: Being five centuries regressed in your reasoning doesn’t mean we all can’t still like your music."

Nikmati lagu Tyson di bawah ini. Dan untuk catatan: Tidak, Bumi tidak datar. Menurut observasi pencitraan langsung dengan satelit (tidak hanya dari NASA), Bumi kita dan planet-planet lainnya di Tata Surya berbentuk bulat.