Ketika Dua Galaksi Raksasa Bergabung Menjadi Satu

NGC 3597. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Obyek pada citra yang dipotret melalui Teleskop Antariksa Hubble milik NASA dan ESA ini dikenal sebagai NGC 3597, sebuah obyek yang terbentuk dari tabrakan antara dua galaksi beukuran raksasa, yang saat ini sedang berkembang menjadi galaksi elips maharaksasa.

Jenis galaksi yang berkembang dari tabrakan antara dua galaksi sudah sangat umum ditemui di alam semesta, dengan galaksi awalnya merupakan galaksi kecil lalu saling bergabung karena tarikan gravtiasinya, dan secara progresif membentuk menjadi struktur galaksi yang lebih besar dari waktu ke waktu.

NGC 3597 terletak sekitar 150 juta tahun cahaya di rasi bintang Crater. Para astronom memelajari NGC 3597 untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana galaksi elips terbentuk, karena banyak galaksi elips yang sudah terbentuk sejak awal alam semesta, dan para astronom tidak bisa melihat bagaimana galaksi-galaksi tersebut terbentuk.

Saat ini, galaksi NGC 3597 masih dalam tahap penggabungan, dan diprediksi akan menyatu seutuhnya menjadi galaksi elips raksasa jutaan hingga miliaran tahun mendatang.