Mari Buat Kacamata Gerhana Matahari Sendiri!

Info Astronomy - Sebentar lagi, gerhana Matahari cincin dapat kita amati, tepatnya pada 26 Desember 2019 mendatang. Ini merupakan momen langka yang tentunya sayang untuk dilewatkan!

Namun, untuk mengamati Matahari ketika ataupun tidak saat gerhana sangatlah berbahaya, lho. Kamu membutuhkan sebuah kacamata berfilter Matahari untuk melindungi mata dari silaunya sinar Matahari.

Nah, jika kamu berniat untuk membuat kacamata Matahari sendiri yang dapat digunakan untuk mengamati gerhana Matahari 26 Desember 2019 mendatang, di artikel ini kami telah buatkan tutorialnya.

Persiapan:

  1. Pola kacamata Matahari, unduh gratis di sini.
  2. Filter Matahari (wajib jenis optical density 5).
  3. Cutter atau gunting.
  4. Lem kertas
  5. Kertas karton putih dengan gramasi yang tebal.

Cara Membuat:

  1. Unduh pola kacamata Matahari dari tautan di atas, lalu cetak pada kertas karton putih dengan gramasi yang tebal.
  2. Potong sesuai pola dengan cutter atau gunting.
  3. Lipat pola di bagian tengah menjadi dua.
  4. Lubangi empat kotak lensa dengan cutter atau gunting.
  5. Potong filter Matahari sesuai dengan petunjuk ukuran pada pola, lalu lem.
  6. Lem semua sisi kacamta sehingga kacamata Matahari menjadi seperti gambar paling atas di artikel ini.

Perhatian! Harap gunakan filter Matahari yang memang dikhususkan untuk melihat Matahari secara langsung. Penggunaan bekas disket tidak cukup aman dan tidak mampu meredam silau Matahari yang dapat membakar retina mata sehingga menyebabkan kebutaan.

Cara menggunakan kacamata Mataharinya sendiri adalah cukup kenakan saat kamu menatap ke arah Matahari. JANGAN PERNAH melihat langsung ke arah Matahari tanpa kacamata Matahari berfilter khusus.

Filter Matahari dapat dibeli di toko aksesoris kamera, toko teleskop, toko perangkat keras, atau bisa juga membelinya secara online di marketplace terkemuka di Indonesia maupun luar Indonesia.

Tidak punya filter Matahari? Kamu dapat menggantinya dengan negatif film hitam-putih (jangan yang berwarna). Negatif film hitam-putih harus diekspos atau dipapar di bawah sinar Matahari minimal 60 detik, selanjutnya harus dicuci di studio foto. Potong lalu tumpuk hingga lima lapis. Filter dari negatif film ini sudah cukup aman untuk pengamatan Matahari maksimal hingga 2 menit.

Mau beli kacamata gerhana yang sudah langsung jadi? Kamu bisa mendapatkannya di InfoAstronomy Store, klik di sini untuk membelinya.


Catatan editor: Artikel ini pertama kali terbit pada 6 Maret 2016, lalu diterbitkan ulang pada 2 Desember 2019 sebagai pemandu pembuatan kacamata gerhana dengan template atau pola kacamata yang baru.
BERIKAN KOMENTAR ()