NASA Kembali Rilis Citra Terbaru Permukaan Pluto dari New Horizons

Salah satu citra terbaru yang diunduh dari data wahana antariksa New Horizons. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Info Astronomy - Wahana antariksa New Horizons milik Lembaga Antariksa AS (NASA) telah mengirim serangkaian citra tajam dan beresolusi tinggi pertama permukaan Pluto yang dipotret selama terbang lintas dekat dengan planet katai ini pada Juli 2015 silam. Ini adalah citra permukaan Pluto terbaik sepanjang sejarah eksplorasi luar angkasa.

Setiap pekannya, wahana antariksa New Horizons mengirimkan data yang tersimpan pada instrumen perekam digital ketika melalui sistem Pluto pada 14 Juli 2015. Citra-citra terbaru yang baru sampai di Bumi ini sebagian besar merupakan bagian dari urutan citra yang diambil ketika pendekatan terdekat New Horizons dengan Pluto, dengan resolusi sekitar 77-85 meter per piksel.

Citra-citra terbaru ini berhasil mengungkapkan kurang dari setengah ukuran kota Jakarta di beragam permukaan Pluto. Dalam citra-citra terbaru ini, New Horizons juga berhasil memotret berbagai kawah, pegunungan dan permukaan licin yang dipenuhi oleh es.

"Ini merupakan citra close-up yang berhasil menunjukkan keragaman pada permukaan Pluto, serta menunjukkan kekuatan robot penjelajah planet kami untuk mengirim kembali data yang menarik untuk para ilmuwan di planet Bumi," kata John Grunsfeld, mantan administrator astronot dan asosiasi untuk NASA Direktorat Misi Sains.

Pegunungan di belahan utara Pluto. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Citra-citra terbaru yang dikirim New Horizons menampakan wilayah selebar 80 kilometer di sebuah planet katai yang berjarak 5 miliar kilometer jauhnya. Citra pegunungan yang bergerigi di atas merupakan wilayah yang berada 800 kilometer di barat laut Sputnik Planum, melintasi pegunungan bernama al-Idrisi, garis pantai Sputnik, dan di dataran es-nya.

"Serangkaian citra baru ini beresolusi super tinggi sehingga memudahkan kita memelajari geologi Pluto," kata Alan Stern, pemimpin misi New Horizons dari Southwest Research Institute (SwRI) di Boulder, Colorado. "Belum ada citra permukaan Venus atau Mars dengan resolusi terbaik seperti ini dalam satu dekade ke belakang."

Kawah-kawah es di Pluto. Kredit: NASA/SwRI/JHUAPL
Sementara itu, citra kawah es di atas dipotret dengan instrumen bernama Long Range Reconnaissance Imager (LORRI) yang telah disematkan pada wahana antariksa New Horizons, sekitar 15 menit sebelum pendekatan terdekat New Horizons dengan Pluto, atau pada jarak sekitar 17.000 kilometer dari permukaan Pluto.

New Horizons mengambil citra ini dengan cara yang sama seperti ketika kita mengambil foto dengan kamera di Bumi. Bedanya, LORRI mengambil citra setiap tiga detik, sementara instrumen lainnya bernama Ralph/Multispectral Visual Imaging Camera (MVIC) melakukan tugas untuk memindai permukaan Pluto. Serangkaian citra terbaru ini diambil dengan eksposur yang sangat pendek untuk menghindari citra yang over-exposure.

NASA masih akan mendapatkan data dari New Horizons yang sejauh ini belum 100% terkirim ke Bumi. Diprediksi unduhan data dari New Horizons butuh waktu hingga 16 bulan ke depan.