Desember 2015 Saat yang Tepat untuk Amati Komet C/2013 US10 (Catalina)!

Komet C/2013 US10 (Catalina) di langit Ellisville, AS. Kredit: Gregg Ruppel
Info Astronomy - Sebuah komet bernama resmi C/2013 US10 (Catalina) bakal terlihat di langit Bumi pada Desember 2015 hingga Januari 2016 mendatang. Komet ini akan cukup terang diamati dengan bantuan binokuler. Bahkan jika langit sekitar daerah Anda bersih dan cerah, Anda dapat mengamatinya dengan mata telanjang.

Kapan dan di mana untuk menemukan Komet Catalina? Pada bulan Desember 2015, Komet Catalina terletak di arah langit Timur (arah Matahari terbit) sebelum Matahari terbit. Perlu dicatat dan diketahui, ini bukanlah peristiwa yang hanya terjadi satu atau dua hari, atau bahkan bukan peristiwa yang terjadi sepekan. Komet akan berada di langit Timur saat Subuh sepanjang Desember 2015 hingga Januari 2016!

Setelah tahun baru 2016 nanti, komet akan tetap berada di langit Bumi kita. Meskipun masih akan terlihat di langit dinihari pada bulan Januari 2016, Komet Catalina secara bertahap akan menjadi obyek langit malam, alias terlihat di langit malam.

Ingat juga, komet bergerak perlahan di bola langit Bumi kita. Ia tidak bergerak cepat layaknya meteor. Komet Catalina akan bergerak semu mengikuti rotasi Bumi seperti obyek-obyek lain seperti bintang dan Bulan di langit Bumi. Pastikan juga langit benar-benar gelap dan cerah saat mencoba mengamatinya.

Lokasi komet C/2013 US10 (Catalina) di langit November 2015 hingga Januari 2016. Kredit: Skyandtelescope.com
Seperti apa kenampakan Komet Catalina di langit? Pengamatan terbaru menunjukkan Komet Catalina saat ini telah mengembangkan ekor sepanjang 800.000 km dan terbelah dua! Jadi, pada bulan Desember 2015, jika Anda mengamati komet ini dengan teropong atau teleskop, Anda akan melihat ekor komet ini.

Bagaimana pengamatan dengan mata telanjang? Bisa, namun sulit. Kenampakan komet lewat teropong atau teleksop saja cukup kecil. Jadi jangan terlalu berekspektasi besar untuk melihat Komet Catalina lengkap dengan ekor panjangnya di langit Bumi dengan mata telanjang. Alih-alih terlihat ekornya, jika diamati dengan mata, komet hanya akan nampak bagai titik samar.

Komet Catalina di langit Yogyakarta, Indonesia. Dipotret pada 5 Desember 2015 4:20 WIB. Kredit: Kafeastronomi.com
Seperti pada foto Komet Catalina yang muncul di langit Yogyakarta di atas, komet bahkan tidak terlihat apabila tidak di-zoom-in. Komet Catalina saat ini masih berada di magnitudo +6, dan diprediksi akan mencapai magnitudo maksimal +4 pada akhir-akhir Desember 2015 hingga awal Januari 2016 mendatang.

Sementara jika Anda mengamati komet ini dengan teleskop, Anda tidak akan melihat warna hijau komet, seperti yang ditunjukkan pada foto paling atas. Warna hijau yang terlihat pada Komet Catalina (dan komet lainnya pada umumnya) adalah hasil dari lensa kamera yang lebih sensitif daripada mata manusia, setelah beberapa detik atau menit paparan. Kamera memberikan pandangan yang sangat baik dari warna komet.