Berapa Lama Satu Hari di Planet Mars?

Kala satu hari di Mars adalah 40 menit lebih lama dari satu hari di Bumi. Dibandingkan dengan planet-planet lain di tata surya kita, di mana sehari bisa sangat pendek, seperti sehari di Jupiter contohnya hanya 9 jam, 55 menit dan 29,69 detik. Atau bisa sangat panjang, seperti sehari di Venus yang berlangsung selama 116 hari dan 18 jam.
Mars. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Mars merupakan sebuah teka-teki bagi para ilmuwan. Dalam banyak hal, Mars secara signifikan berbeda dengan Bumi. Planet keempat dari Matahari ini begitu dingin, kering, minim curah hujan, dan tidak ada tumbuhan di sana. Dengan standar kehidupan manusia, Mars sangat tidak ramah. Namun, dalam banyak hal lainnya, Mars ada kemiripan dengan Bumi kita.

Salah satunya adalah kala satu hari di Mars, yang 40 menit lebih lama dari satu hari di Bumi. Dibandingkan dengan planet-planet lain di tata surya kita, di mana sehari bisa sangat pendek, seperti sehari di Jupiter contohnya hanya 9 jam, 55 menit dan 29,69 detik. Atau bisa sangat panjang, seperti sehari di Venus yang berlangsung selama 116 hari dan 18 jam.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita menyatakan berapa lama hari di planet lain. Bahkan, ada dua cara untuk menentukan panjang hari pada sebuah obyek angkasa, yakni hari sidereal dan hari matahari (solar day), keduanya digunakan oleh para astronom untuk menentukan waktu.

Menurut definisi, hari sidereal di Mars adalah lamanya waktu yang dibutuhkan Planet Merah ini untuk memutar sekali pada porosnya (berotasi) sehingga sebuah bintang bisa muncul di tempat yang sama di langit malam. Di Bumi, hari sideralnya 23 jam, 56 menit dan 4,1 detik. Sebagai perbandingan, di Mars, hari sidereal berlangsung 24 jam, 37 menit, dan 22 detik.

Sementara itu, hari matahari justru sebaliknya, hari matahari adalah waktu yang diperlukan untuk Bumi berputar pada porosnya sehingga Matahari muncul di posisi yang sama di langit. Posisi ini berubah sedikit setiap hari, tapi di Bumi, hari matahari rata-rata adalah 24 jam. Sedangkan di Mars, hari matahari berlangsung 24 jam, 39 menit, dan 35 detik, dan dibulatkan menjadi 24 jam dan 40 menit.