Beberapa Planet Ekstrasurya Ini Diberi Nama untuk Pertama Kalinya

International Astronomical Union (IAU) telah mengumumkan pemenang kontes NameExoWorlds hari ini, sebuah kontes yang bertujuan untuk memberi nama kepada planet-planet ekstrasurya. Kontes ini dibuka untuk masyarakat umum di seluruh dunia pada bulan Agustus 2015, dan sekarang 14 bintang serta 31 eksoplanet telah memiliki nama resmi yang dapat digunakan di luar nomenklatur ilmiah yang ada.
Ilustrasi. Kredit: Shutterstock
Info Astronomy - International Astronomical Union (IAU) telah mengumumkan pemenang kontes NameExoWorlds hari ini, sebuah kontes yang bertujuan untuk memberi nama kepada planet-planet ekstrasurya. Kontes ini dibuka untuk masyarakat umum di seluruh dunia pada bulan Agustus 2015, dan sekarang 14 bintang serta 31 eksoplanet telah memiliki nama resmi yang dapat digunakan di luar nomenklatur ilmiah yang ada.

Sebuah daftar lengkap nama-nama, termasuk statistik voting, telah dipublikasikan di situs IAU NameExoWorlds. Nama-nama yang terpilih, di antaranya seperti Copernicus hingga Galileo, atau ada juga Hypatia maupun Intercrus.

Kontes ini menunjukkan minat internasional yang sesungguhnya dalam astronomi, dengan total 573.242 voting dari seluruh dunia. Secara total, warga dunia memberikan suara pada 274 nama yang diusulkan oleh 45 kelompok astronomi yang berbeda, termasuk observatorium, sekolah, universitas, dan astronom amatir.

Usulan nama yang sukses mendapatkan vote terbanyak adalah: enam nama dari Asia-Pasifik (Australia, Jepang, Thailand), empat dari Amerika Utara (Amerika Serikat, Kanada), satu dari Amerika Latin dan Karibia (Meksiko), dua dari Timur Tengah & Afrika (Maroko, Suriah), dan enam dari Eropa (Perancis, Italia, Belanda, Spanyol, Swiss).

Nama-nama pemenang menunjukkan semangat antarbenua, nama-nama berasal dari berbagai mitologi dan cerita rakyat (Norse, Thailand, Yunani, Jepang, Celtic, Aztec), kata-kata Latin, lokasi sejarah, nama seorang astronom, hingga karakter fiksi.

Ini adalah pertama kalinya planet asing luar Tata Surya kita telah resmi bernama, serta pertama kalinya di abad ini masyarakat dunia bisa memberikan nama-nama populer untuk sebuah bintang. Nama-nama para pemenang telah divalidasi oleh IAU, meskipun beberapa ada modifikasi yang diperlukan karena pedoman yang ketat untuk penamaan obyek astronomi baru. Semua modifikasi dibuat dalam perjanjian dengan tim yang awalnya mengusulkan nama.