Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

LAPAN Bakal Luncurkan Satelit LAPAN-A3 Tahun Depan

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah menyiapkan satelit berikutnya, LAPAN-A3, yang bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka menargetkan satelit tersebut meluncur dan mengorbit Bumi pada pertengahan 2016.
Ilustrasi satelit LAPAN-A3. Kredit: LAPAN
Info Astronomy - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah menyiapkan satelit berikutnya, LAPAN-A3, yang bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Mereka menargetkan satelit tersebut meluncur dan mengorbit Bumi pada pertengahan 2016.

LAPAN sebelumnya telah berhasil mengorbitkan satelit LAPAN-A2 pada 28 September 2015 lalu di India. Satelit mikro pertama yang dibuat di Indonesia tersebut juga telah menunjukkan kemampuan‎nya. Keberadaannya sudah berada pada orbit sesuai rencana.

Saat ini satelit LAPAN-A3 masih dalam tahapan pembuatan di Bogor, Jawa Barat. Dalam pembuatannya LAPAN bekerja sama dengan IPB. LAPAN-A3 melibatkan IPB karena satelit tersebut dirancang untuk memantau lahan pertanian. Nantinya LAPAN-A3 bisa memantau pertumbuhan padi, daerah siap tanam dan panen.

“Rencananya akan meluncur pertengahan 2016. LAPAN-A3 akan memiliki misi yang sama dengan LAPAN-A2. Bedanya, nanti akan kita tambahkan untuk memantau aktifitas pertanian,” ungkap Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN. Namun tidak hanya pertanian, LAPAN A3 juga akan mengedepankan memantau kerusakan lingkungan.

LAPAN-A3 juga akan dilengkapi dengan sensor AIS (Automated Identification System), yang pada LAPAN-A2 digunakan sebagai pemantau aktifitas kapal laut di sepanjang garis ekuator 6 derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan.

Pihak LAPAN sendiri menargetkan LAPAN-A3 akan dikelola sendiri di Indonesia, termasuk pengawasan dan pengujian saat memasuki fase LEOP (Launch and Early Orbit Phase).
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.