HARI INI 1773: Charles Messier Temukan Galaksi NGC 5194

Galaksi NGC 5194 ditemukan pada tanggal 13 Oktober 1773 oleh Charles Messier ketika ia sedang mencari komet di langit. Galaksi ini kemudian ditetapkan dalam katalog Messier sebagai M51.
NGC 5194. Kredit: NASA
Info Astronomy - Galaksi NGC 5194 (juga disebut Messier 51a, M51a, atau Galaksi Whirlpool) adalah interaksi galaksi spiral dengan inti galaksi aktif Seyfert 2 di rasi bintang Canes Venatici. Baru-baru ini diperkirakan berjarak 23 juta tahun cahaya dari Galaksi Bima Sakti.

NGC 5194 adalah salah satu galaksi paling terkenal di langit. NGC 5194 dan tetangganya (NGC 5195) cukup mudah diamati di langit malam oleh para astronom amatir, dan dua galaksi tersebut bahkan dapat dilihat dengan teleskop kecil.

Sejarah Penemuan

Sementara itu, galaksi pendampingnya, NGC 5195, ditemukan pada tahun 1781 oleh Pierre Méchain, meskipun tidak diketahui apakah galaksi ini berinteraksi atau hanya galaksi lain yang lewat di kejauhan. Meskipun demikian, tidak sampai tahun 1845 ketika William Parsons, Earl Rosse ke-3, menggunakan sebuah teleskop refleksi 72 inchi (1,8 m) di Kastil Birr, Irlandia, menemukan Galaksi NGC 5194 memiliki struktur spiral, "nebula" pertama yang diketahui memiliki struktur ini.

Galaksi yang dikenal dengan "nebula spiral" ini tidak diakui sebagai galaksi sampai Edwin Hubble mampu mengamati variabel Cepheid di beberapa spiral nebula ini, yang memberikan bukti bahwa benda-benda disekitarnya memang merupakan galaksi yang terpisah.

Munculnya radio astronomi dan gambar radio berikutnya dengan tegas menunjukkan bahwa Galaksi NGC 5194 dan galaksi pendamping memang saling berinteraksi. Terkadang sebutan M51 digunakan untuk merujuk pada sepasang galaksi, dalam hal ini galaksi individu dapat disebut sebagai M51A (NGC 5194) dan M51B (NGC 5195).

Terletak di rasi bintang Canes Venatici, M51 ditemukan dengan mengikuti rasi bintang Biduk, Ursa Major, sekitar 3,5° ke arah Tenggara. Deklinasinya +47°, sehingga sirkumpolar bagi pengamat yang berada di atas 43° LU; mencapai tempat yang tinggi di seluruh belahan Bumi Utara sehingga galaksi ini bisa diobservasi dari dini hari selama musim dingin hingga akhir musim semi.

M51 terlihat melalui teleskop. Jika dilihat melalui teleskop 100 mm, garis dasar M51 dan pendampingnya terlihat. Di bawah langit gelap, melalui teleskop 150 mm, struktur spiral intrinsik M51 bahkan dapat dideteksi.