Bulan Sabit dan Planet Saturnus akan Kencan Senja Ini

Letak Bulan dan Planet Saturnus pada senja, 16 Oktober 2015. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Malam Minggu masih harus menunggu besok malam, tapi Bulan dan Planet Saturnus memutuskan untuk berkencan lebih awal. Keduanya akan terlihat berduaan di langit Barat saat senja, 16 Oktober 2015.

Kencan, atau istilah astronomisnya adalah konjungsi, merupakan peristiwa di mana dua atau lebih benda langit terlihat saling berdekatan di langit. Bulan dan Saturnus akan terlihat saling berdekatan, mereka bahkan hanya akan terpisah 2°54' satu sama lain, persis seperti foto di atas.

Dari Indonesia, dekatnya Bulan dan Saturnus akan dapat terlihat mulau pukul 17:59 waktu lokal daerah Anda, mereka berdua akan berada di ketinggian 34° di atas ufuk Barat. Mereka kemudian akan tenggelam menuju cakrawala sekitar 2 jam 42 menit setelah Matahari tenggelam atau sekitar pukul 20:27 waktu lokal.

Pada saat kencan, Bulan yang berada di fase Sabit Muda akan bercahaya dengan magnitudo -10,2 dan bertengger di konstelasi Scorpius, sementara itu Saturnus bercahaya dengan mangnitudo 1.2 di konstelasi Libra.

Tidak punya teleskop? Jangan khawatir, Anda masih bisa menyaksikannya. Namun Anda tidak akan melihat cincin Planet Saturnus yang megah. Cincin Saturnus hanya terlihat jika Anda mengamatinya lewat teleskop. Anda hanya akan melihat Saturnus bagai bintang kuning terang di Selatan Bulan Sabit senja nanti.

Selamat observasi!