Pola Heksagonal di Kutub Utara Planet Saturnus Telah Terungkap

Citra struktur heksagonal pada kutub Utara Planet Saturnus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Pola segi enam atau heksagonal raksasa yang misterius di kutub Utara Planet Saturnus akhirnya terungkap. Struktur menakjubkan tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1988 oleh ilmuwan NASA saat meninjau data dari wahana antariksa Voyager yang terbang lintas dekat Saturnus pada tahun 1980 hingga 1981.

Pola heksagonal yang merupakan badai tersebut terbentang lebar hingga memiliki diameter sekitar 32.000 km serta memiliki kedalaman hingga 100 km ke dalam atmosfer Saturnus. Para ilmuwan sempat kebingungan bagaimana pola tersebut terbentuk.

Wahana antariksa Voyager dan Cassini akhirnya melakukan identifikasi pola heksagonal tersebut agar membantu menjelaskan bagaimana pola tersebut bisa terbentuk.

Dans aat ini, para ilmuwan telah berhasil mengembangkan model bagaimana pola heksagonal tersebut terbentuk di kutub Utara Saturnus. "Dengan model yang sangat sederhana, kami telah mampu untuk mengetahui lebih jauh tentang pola aneh ini," kata pemimpin penulis studi Raúl Morales-Juberías, seorang ilmuwan keplanetan di New Mexico Institute of Mining and Technology, seperti dilansir dari Space.com (22/9).

Dalam sebuah makalah di The Astrophysical Journal Letters, para ilmuwan menggambarkan bagaimana sebuah pancaran angin bergerak ke arah Timur di sekitar kutub Utara planet gas  terbesar kedua di Tata Surya tersebut, yang merupakan penyebab munculnya pola heksagonal.

Menggunakan model berbasis komputer, mereka menunjukkan bagaimana interaksi pancaran atau arus angin tadi dengan arus udara lainnya sehingga menyebabkan adanya gangguan kecil, sehingga membentuk pola heksagonal. Pola heksagonal ini juga diketahui berputar pada kecepatan yang sama dengan rotasi Saturnus.

Tulisan ini diolah dari press rilis: The Astrophysical Journal Letters - Meandering Shallow Atmospheric Jet as a Model of Saturn's North-polar Hexagon