Saran pencarian

NASA Telah Memulai Simulasi Misi ke Planet Mars

Lembaga Antariksa AS (NASA) sejak Agustus 2015 lalu telah memulai simulai misi untuk mendaratkan manusia di Planet Merah. Pada simulasi ini, kelompok manusia yang dipilih NASA akan hidup dalam isolasi selama satu tahun, yang merupakan masa terpanjang untuk percobaan jenis ini.
Kubah yang menjadi habitat manusia saat simulasi misi Planet Mars selama setahun ke depan. Kredit: AFP
Info Astronomy - Lembaga Antariksa AS (NASA) sejak Agustus 2015 lalu telah memulai simulai misi untuk mendaratkan manusia di Planet Merah. Pada simulasi ini, kelompok manusia yang dipilih NASA akan hidup dalam isolasi selama satu tahun, yang merupakan masa terpanjang untuk percobaan jenis ini.

Para ahli memperkirakan bahwa misi manusia ke Planet Mars bisa memakan waktu antara satu hingga tiga tahun. Tim berkekuatan enam orang itu akan hidup dalam lingkungan kecil di bawah kubah, tanpa udara segar, makanan segar atau privasi.

Mereka menutup diri dari dunia luar pada Jumat pukul 15:00 waktu setempat (Sabtu, 07:00 WIB). Jika melakukan perjalanan ke luar kubah berdiameter 11 m dan tinggi 6 m itu, mereka harus mengenakan pakaian ruang angkasa atau baju astronot.

Tim NASA itu terdiri dari seorang ahli biologi ruang angkasa (astrobiologi) Prancis, seorang fisikawan Jerman, dan empat orang Amerika: arsitek, jurnalis, ilmuwan tanah, dan seorang pilot. Masing-masing lelaki dan perempuan itu akan memiliki sebuah tempat tidur kecil dan meja di dalam ruangan mereka. Perbekalan mereka meliputi antara lain keju bubuk dan ikan tongkol kalengan.

Suasana di dalam kubah pada simulasi NASA. Kredit: AFP
Misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) memerlukan waktu enam bulan. NASA sudah melangsungkan eksperimen hidup terisolasi selama empat bulan dan delapan bulan di ISS sejauh ini.

Sementara para insinyur mengarahkan perhatian pada tantangan teknis dan ilmiah dari perjalanan ke Mars, eksperimen isolasi diarahkan pada unsur manusiawi dari penjelajahan, dan dan permasalahan yang bisa timbul dari kehidupan bersama di lingkungan yang begitu kecil dan asing.

"Saya pikir salah satu pelajaran yang bisa dipetik adalah bahwa kita tak bisa benar-benar mencegah konflik antar pribadi. Bahkan kendatipun para anggotanya adalah orang-orang terbaik, masalah akan selalu bisa muncul selama misi yang begitu panjang itu," kata Kim Binsted, seorang pakar NASA.

Referensi: NatGeo, BBC
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.