Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Supermoon Siap Muncul pada 30 Agustus 2015

Supermoon! Bulan Purnama pada 30 Agustus 2015 nanti akan menjadi Supermoon, yang merupakan nama lain dari Bulan Purnama yang berada di titik perigee, atau dekat titik terdekat dengan Bumi.
Ilustrasi. Dokumen Info Astronomy.
Info Astronomy - Supermoon! Bulan Purnama pada 30 Agustus 2015 nanti akan menjadi Supermoon, yang merupakan nama lain dari Bulan Purnama yang berada di titik perigee, atau dekat titik terdekat dengan Bumi. Suka atau tidak, skylore modern memang menyebutnya sebagai Supermoon.

Tapi, akankah mata Anda melihat bahwa Bulan Purnama akan lebih besar pada malam 29 Agustus 2015? Tergantung, apakah Anda seorang pengamat Bulan setiap malam? Apakah Anda mengamati fase Bulan Purnama setiap bulannya. Jika demikian, Anda dapat melihat ukuran Bulan yang nampak lebih besar.

Bulan Purnama Super ini sebenarnya baru tepat beumur 15 hari atau berada dalam fase 100% Full pada 30 Agustus pukul 01:35 WIB. Namun Anda sudah bisa melihat Bulan menjelang Purnama mulai senja di hari Sabtu, 29 Agustus 2015.

Sementara itu, Bulan Purnama Agustus akan mencapai perigee atau titik terdekat Bulan ke Bumi adalah pada pukul 22:24 WIB pada 29 Agustus 2015. Dekatnya fase Bulan Purnama dengan titik perigee membuat Purnama di Agustus ini dijuluki Supermoon.

By the way, tidak ada efek negatif yang terjadi dari Supermoon Agustus ini, kecuali jika Anda tinggal di samudra, katakanlah samudra pasifik. Karena ini adalah Supermoon, yang relatif dekat dengan Bumi, Bulan Purnama ini akan meningkatkan pasang air laut.

Di Indonesia, Supermoon bisa diamati mulai sekitar pukul 18:00 waktu lokal daerah Anda pada tanggal 29 Agustus hingga keesokan harinya (30/8) sekitar pukul 06:00 waktu lokal daerah Anda. Selamat menikmati Supermoon!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.