Planet Venus di Konjungsi Inferior

Planet Venus di Bandung, Jawa Barat. Kredit: Ivana Wijaya
Info Astronomy - Belakangan ini, jika Anda sering mengamati langit Barat saat senja, Anda tidak akan menemukan Planet Venus. Yap, Planet Venus memang selalu terlihat di langit Barat beberapa bulan belakangan ini, tapi kenapa sekarang menghilang?

Dari sudut pandang kita di permukaan Bumi ini, posisi Planet Venus akan sangat dekat dengan Matahari di langit. Planet Venus akan mencapai konjungsi inferior pada 15 Agustus 2015, yakni peristiwa saat Venus lewat di antara Matahari dan Bumi.

Planet Venus dan Matahari hanya akan terpisah 7° di langit Bumi, membuat Venus benar-benar tidak dapat diamati selama beberapa pekan kedepan karena sedang "hilang" dalam silau Matahari.

Venus juga akan melewati perigee (titik yang paling dekat dengan Bumi) dalam beberapa hari mendatang, membuatnya hanya berjarak 0,29 SA dari Bumi, sehingga tampak dengan ukuran sudut terbesarnya. Sekadar informasi, 1 SA sama dengan 150 juta kilometer.

Konjungsi inferior ini, menandai akhir dari kenampakan Planet Venus di langit Barat saat senja. Sang Bintang Kejora ini akan bergerak mengelilingi Matahari dan dalam beberapa pekan kedepan akan muncul di langit Timur Bumi saat dinihari.