IAU Buka Vote Penamaan Exoplanet Mulai dari Nama Pegulat hingga Karakter 'Games of Thrones'

Ilustrasi. Kredit: NASA, JPL
Info Astronomy - Sampai saat ini, International Astronomical Union (IAU) masih menjadi lembaga resmi di dunia yang berhak menamai objek-objek di alam semesta. Tapi tak hanya sebatas menamai, merekalah yang menurunkan status Pluto dari "Planet" menjadi "Planet Kerdil."

IAU juga menamai wilayah-wilayah di permukaan Charon (satelit alami terbesar milik Planet Kerdil Pluto) dengan nama-nama karakter pada film Star Trek, seperti James Kirk, Spock, Uhura dan lain-lain.

Anehnya, IAU tidak memberi nama yang bagus untuk objek-objek alam semesta. IAU justru disindir oleh startup Uwingu, mereka (Uwingu) meminta IAU memberikan nama yang lebih kreatif untuk exoplanet, alias extrasolar planet (planet ekstrasurya) yang tidak sebatas nama PSR B1620-26 b atau HD 209458 b.

Usut punya usut, IAU berdalih jika pekerjaan mereka tidak hanya memberi nama planet ekstrasurya. Cukup masuk akal, karena ada kemungkinan ada miliaran planet ekstrasurya di galaksi kita, dan IAU perlu menamai semuanya.

Untungnya, IAU sadar akan sindiran dari Uwingu. Mulai hari ini, IAU akan membiarkan Anda memilih nama untuk 20 sistem planet! Beberapa nama yang diusulkan IAU benar-benar lucu. Planet HD 149026 b misalnya, IAU mengusulkan nama Jaenerys (karakter di 'Game of Thrones') serta Jumbotsuruta (seorang pegulat dari Jepang).

Awalnya, penamaan planet ekstrasurya hanya dilakukan para astronom profesional di IAU. Kemudian beberapa tahun yang lalu, Uwingu menggerakan masyarakat umum di dunia untuk membantu memberi nama planet baru yang ditemukan di luar tata surya, bahkan masyarakat umum bersedia membayar untuk hal istimewa tersebut.

Merasa tidak mau kalah, IAU akhirnya memungkinkan masyarakat umum di dunia untuk memberikan suara (vote) pada nama dua satelit alami baru milik Pluto. IAU bahkan membebaskan masyarakat umum untuk mengusulkan nama. William Shatner misalnya, ia mengusulkan nama "Vulcan," yang sayangnya tidak terpilih. Menurut IAU, nama tersebut tidak mencerminkan unsur-unsur astronomi, dan lebih disukai para penggemar Star Trek.

Tahun ini, IAU membuka vote penamaan exoplanet. Nominasi nama sudah terpilih dan berasal dari masyarakat umum dengan mengirim proposal mereka kepada IAU beberapa bulan yang lalu.

Untuk bintang PSR 1257 + 12 dengan tiga planetnya misalnya, Anda dapat memilih antara satu di antara dua belas nama yang tersedia. Banyak nominasi nama didasarkan pada mitologi kuno. Namun, ada juga nominasi nama yang berasal dari masyarakat Afrika Selatan, nama tersebut diambil dari nama hewan langka di negara itu, dengan menggunakan bahasa Afrika.

Berminat untuk ikut vote nama-nama planet ekstrasurya? Silakan klik tautan ini.