Editorial: Mengenal Lubang Hitam dalam 10 Fakta yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Apa yang Anda ketahui tentang Black Hole atau Lubang Hitam? Sebuah lubang di alam semesta yang berwarna hitam? Menurut Stephen Hawking, Lubang Hitam bukanlah lubang dalam artian kata secara harfiah, bukan juga berwarna hitam. Editor telah menyusun 10 hal atau fakta dari Lubang Hitam yang mungkin belum Anda ketahui untuk mengenal Lubang Hitam lebih dekat.
Lubang Hitam, Matahari, Katai Putih dan Bintang Neutron. Kredit: Adam Apollo
Info Astronomy - Apa yang Anda ketahui tentang Black Hole atau Lubang Hitam? Sebuah lubang di alam semesta yang berwarna hitam? Menurut Stephen Hawking, Lubang Hitam bukanlah lubang dalam artian kata secara harfiah, bukan juga berwarna hitam.

1. Apa yang Dimaksud dengan Lubang Hitam?
Lubang Hitam adalah proses akhir dari kala hidup sebuah bintang raksasa yang memiliki tarikan gravitasi yang begitu kuat. Di dalam Lubang Hitam ada sebuah horison peristiwa atau event horizon, yang merupakan batas wilayah di mana, bahkan cahaya, tidak bisa melarikan diri dari tarikan gravitasi Lubang Hitam.

2. Seberapa Besarkah Lubang Hitam?
Anda dapat menganggap horison peristiwa pada Lubang Hitam sebagai sebuah bola, dan diameternya berbanding lurus dengan massa Lubang Hitam. Jadi semakin banyak massa yang "dilahap" Lubang Hitam, semakin besar horison peristiwanya.

Dibandingkan dengan bintang bintang, Lubang Hitam memiliki lebih kecil massa karena telah dikompresi ke dalam volume yang sangat kecil dengan tekanan gravitasi yang sangat besar. Lubang Hitam dengan massa sebesar Planet Bumi misalnya, hanya memiliki radius beberapa milimeter saja. Bandingkan dengan radius Bumi, yaitu sekitar 10.000.000.000 kali lebih besar!

Radius Lubang Hitam disebut jari-jari Schwarzschild (ya, ucapkanlah seperti pertama kali Anda membacanya). Nama untuk sebutan radius Lubang Hitam ini diambil dari nama Karl Schwarzschild, ilmuwan yang pertama kali menjadikan teori Lubang Hitam sebagai solusi untuk Relativitas Umum Einstein.

3. Ada Apa di Horison Peristiwa?
Bayangkan Anda dan teman Anda berada di dekat Lubang Hitam, jika Anda masuk ke dalam horison peristiwa pada Lubang Hitam, Anda takkan melihat sesuatu yang berbeda dari lingkungan di sekitarnya. Ini adalah konsekuensi langsung dari prinsip kesetaraan Einstein, yang menyatakan bahwa seseorang tidak dapat membedakan antara percepatan dalam ruang datar dan medan gravitasi yang menyebabkan kelengkungan ruang.

Namun, teman Anda yang sedang menonton Anda yang terhisap ke horison peristiwa akan melihat Anda yang bergerak lebih lambat. Yup, pergerakan waktu (time) Anda yang berada di dekat horison peristiwa akan berjalan lebih lambat dari waktu yang berlaku untuk teman Anda.

Apa yang Anda akan alami di horison peristiwa tergantung pada gaya gravitasi dari medan gravitasi Sang Lubang Hitam. Gravitasi di horison peristiwa berbanding terbalik dengan massa Lubang Hitam. Ini berarti semakin besar massa Lubang Hitam, maka lebih kecil gravitasinya. Efek dari tarikan gravitasi Lubang Hitam adalah tubuh Anda akan membentang bagai spaghetti: istilah teknis yang digunakan para fisikawan adalah "spaghettification".

Efek spaghettification. Kredit: Atrameteria.com
4. Ada Apa di Dalam Lubang Hitam?
Tidak ada astronom, astrofisikawan, atau fisikawan yang mengetahui ada apa di dalam Lubang Hitam, tapi hampir pasti di sana tidak rak buku!

Relativitas Umum Einstein memprediksi bahwa di dalam Lubang Hitam terdapat singularitas, tempat di mana gaya gravitasi menjadi sangat kuat tak berhingga, dan jika Anda melewati horison peristiwa, Anda tidak dapat menghindari untuk "menabrak" singularitas.

Namun, Relativitas Umum tidak cocok untuk digunakan pada teori Lubang Hitam. Untuk dapat mengetahui apa yang di dalam Lubang Hitam, kita membutuhkan teori Kuantum Gravitasi. Teori ini akan menggantikan singularitas dengan sesuatu yang lain.

5. Bagaimana Lubang Hitam Tercipta?
Setidaknya, ada empat cara Lubang Hitam dapat tercipta atau terbentuk. Yang mudah dipahami adalah, Lubang Hitam tercipta dari runtuhnya sebuah bintang. Sebuah bintang yang cukup besar akan membentuk Lubang Hitam setelah ia kehabisan bahan bakar untuk berfusi nuklir.

Ketika tekanan yang dihasilkan dari fusi nuklir sebuah bintang raksasa berhenti, sang bintang akan mulai remuk ke pusat gravitasinya sendiri serta menjadi semakin padat sehingga tidak ada yang bisa mengatasi tarikan gravitasi pada permukaan bintang. Setelah itu, Lubang Hitam tercipta. Lubang Hitam jenis ini disebut 'Lubang Hitam Bermassa Bintang.'

Matahari kita tidak akan menjadi Lubang Hitam di masa akhir hidupnya. Ini dikarenakan Matahari tidak memiliki cukup massa dan energi untuk menjadi Lubang Hitam. Matahari nantinya hanya akan menjadi nebula planeter sebelum akhirnya menjadi bintang katai putih.