NASA: Pluto, Sang "Planet Merah" Kedua

NASA: Pluto, Sang "Planet Merah" Kedua
Citra berwarna Pluto yang dipotret oleh wahana antariksa New Horizons. Kredit: NASA
Info Astronomy - Apa warna permukaan Pluto? Jawabannya telah terungkap dalam peta pertama yang dibuat dari data New Horizons, ternyata Pluto memiliki warna coklat kemerahan, persis seperti Mars!

Meskipun warna permukaan Pluto mirip dengan Mars, penyebabnya kenapa permukaannya merah justru sangat berbeda. Di Mars permukaan merahnya disebabkan oleh besi oksida, umumnya dikenal sebagai karat. Sedangkan di planet kerdil Pluto, warna kemerahan kemungkinan disebabkan oleh molekul hidrokarbon yang terbentuk ketika sinar kosmik dan sinar ultraviolet Matahari berinteraksi dengan metana di atmosfer Pluto dan pada permukaannya.

"Warna kemerahan Pluto sebenarnya telah diketahui selama puluhan tahun, namun New Horizons sekarang memungkinkan kita untuk menghubungkan warna tempat yang berbeda di permukaan dengan geologi dan dengan komposisinya," kata peneliti utama New Horizons, Alan Stern dari Southwest Research Institute, Boulder, Colorado.

"Data New Horiozos nantinya akan memungkinkan kita untuk membangun model komputer canggih untuk memahami bagaimana Pluto telah berkembang hingga penampilan saat ini."

Tujuan misi New Horizons pertama adalah mengetahui apa warna sebenarnya dari Pluto, warna yang akan Anda lihat jika Anda menaiki New Horizons saat ini yang berada hanya beberapa kilometer dari Pluto.

Citra di atas menjelaskan sesuatu, lho! Untuk yang sebelah kiri, itu adalah peta belahan Utara dari Pluto yang dipotret menggunakan warna hitam-putih dari instrumen LORRI. Di sebelah kanan adalah peta berwarna Pluto yang dibuat menggunakan data dari instrumen Ralph. Dan di tengah adalah peta gabungan, yang dibuat dengan menggabungkan data dari LORRI dan Ralph.