Kini Kita Bisa Temukan Pluto di Google Earth!

Kenampakan Pluto di Google Earth. Kredit: Google Inc.
Info Astronomy - Tim NASA New Horizons sedang bekerja mati-matian untuk mempersiapkan terbang lintas dekat dan menganalisa data baru dari wahana antariksa New Horizons yang akan mencapai Planet Katai Pluto. Salah satu hasil kerja NASA adalah memproduksi peta pertama Pluto menggunakan gambar yang dikumpulkan oleh New Horizons.

Karena belum terlalu dekat dengan Pluto, NASA hanya merilis peta pertama yang hanya mencakup bagian Utara dari Pluto, sisanya akan menyusul sembari New Horizons mendekati Pluto.

Kabar baiknya, NASA telah membuat peta Pluto saat ini untuk digunakan dalam Google Earth. Sekarang Anda dapat dengan mudah men-download peta dan menjelajahi peta Pluto terbaik yang pernah dibuat! Anda dapat menemukan peta Google Earth untuk Pluto di sini.

Data Peta
Peta Pluto ini dibuat dengan data dari dua instrumen New Horizons. Sebuah kamera beresolusi tinggi bernama LORRI yang mengambil gambar hitam-putih serta kamera MVIC (bagian dari instrumen Ralph) yang mengumpulkan gambar resolusi rendah namun berwarna. Keduanya berada di badan New Horizons.

NASA menggunakan gambar resolusi tinggi dari LORRI untuk membuat peta reflektansi pankromatik (albedo), lalu menggabungkannya dengan gambar berwarna beresolusi rendah dari kamera MVIC. Peta ini akan terus ditingkatkan kualitas gambarnya karena New Horizons terus mendekati Pluto selama beberapa hari mendatang.

Karena ini adalah gambar untuk Google Earth, ukuran, jarak dan skala belum benar-benar tepat untuk Pluto. Namun, hal ini sudah cukup bagus untuk sekadar melihat bagaimana kenampakan wajah Pluto yang hingga saat ini masih misterius.

1. Jaman sungguh Canggih ! Aku tertarik dunia luar angkasa !!