'Golden Record' Voyager Berisi Pesan untuk Alien Kini Tersedia di SoundCloud

Ketika wahana antariksa kembar Voyager 1 dan Voyager 2 diluncurkan pada tahun 1977, NASA telah menyisipkan Golden Record atau Rekaman Emas berisi suara-suara di Bumi sebagai pesan bagi makhluk luar angkasa apabila mereka menemukan Voyager.
Golden Record di badan wahana antariksa Voyager 1. Kredit: NASA
Info Astronomy - Ketika wahana antariksa kembar Voyager 1 dan Voyager 2 diluncurkan pada tahun 1977, NASA telah menyisipkan Golden Record atau Rekaman Emas berisi suara-suara di Bumi sebagai pesan bagi makhluk luar angkasa apabila mereka menemukan Voyager.

Kedua wahana antariksa kembar ini berhasil melintasi Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan ke luar tata surya menuju ruang antarbintang. Golden Record dimaksudkan untuk menyampaikan kepada penghuni semesta lain di jagad raya bahwa Planet Bumi memiliki keberagaman di dalamnya.

Suara-suara rekaman pada Golden Record mewakili seluruh umat manusia. Seperti rekaman suara hujan, suara ibu dan anak, alat-alat musim, detak jantung, dan banyak lagi. Bahkan ada rekaman ucapan berbahasa Indonesia dan suara musik gamelan pada Golden Record tersebut.

Baca: Salam Berbahasa Indonesia dan Musik Gamelan Disematkan NASA pada Voyager 1

Rekaman pada Golden Record sebenarnya sudah beredar di ranah internet sejak lama, namun tidak semua tersebar bebas begitu saja. Tapi sekarang, untuk pertama kalinya NASA telah mengunggah rekaman-rekaman tersebut ke situs SoundCloud.

Jadi, sekarang Anda sudah bisa menikmati rekaman-rekaman yang mewakili umat manusia untuk semesta ini secara gratis dan mudah. Silakan kunjungi tautan ini untuk mendengarkan Golden Record.