Postingan

Tiga Antariksawan Baru Berhasil Meluncur dan Tiba di ISS

Dari kiri ke kanan: Kjell Lindgren, Oleg Kononenko, Kimiya Yui. Kredit: NASA
Info Astronomy - Tiga astronot baru asal Amerika Serikat dari NASA bernama Kjell Lindgren, Oleg Kononenko dari Rusia dan Kimiya Yui dari Jepang siap mengangkasa untuk bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) di orbit Bumi pada Ekspedisi 44.

Mereka berhasil meluncur ke ISS pada 23 Juli 2015 pukul 4:02 WIB dari Kosmodrom Baikonur, Kazahkstan dengan menumpangi roket Soyuz TMA-17M. Mereka bertiga akan menjalani misi selama 5 bulan di ISS.

Misi ketiga antariksawan di ISS ini meliputi pengumpulan data tentang karakteristik anggota kru, seperti perubahan kesehatan atau tekanan di kondisi gravitasi mikro. Informasi ini nantinya digunakan untuk mengembangkan penanggulangan untuk sakit kepala sering disebabkan oleh perubahan tekanan intrakranial di masa mendatang.

Para antariksawan juga akan menggunakan kit sampel biologis untuk mendapatkan sampel darah, air liur atau urin. Sampel biologis dari para awak ISS nantinya membantu para ilmuwan menentukan apakah penurunan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh spaceflight meningkatkan kemungkinan infeksi atau menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan selama hidup di luar angkasa.

Selain penelitian tersebut, tujuh kategori penelitian kesehatan manusia sedang berlangsung selama misi satu tahun Scott Kelly dan Mikhail Kornienko.

Para peneliti berharap penyelidikan tersebut menghasilkan pengetahuan yang bermanfaat untuk dunia medis, psikologis dan biomedis yang dihadapi oleh astronot selama di luar angkasa.

Peluncuran Soyuz-TMA17M yang ditumpangi ketiga astronot dalam foto long-exposure. Kredit: NASA
Ketiga antariksawan yang menumpangi Soyuz TMA-17M ini telah berhasil tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada hari ini Kamis, 23 Juli 2015 pukul 9:46 WIB.

Mereka akan bergabung dengan tiga antariksawan lain yang sudah berada di sana sejak Maret 2015, yakni Komandan Gennady Padalka dari Roscosmos (Rusia), serta Insinyur Penerbangan Scott Kelly dari NASA dan Mikhail Kornienko dari Roscosmos.

Profil Singkat Ketiga Antariksawan Baru

Kjell Lindgren
Kjell Lindgren lahir di Taipei, Taiwan. Tinggal di Midwest, AS, tetapi menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Inggris. Menikah dengan Kristiana Jones. Mereka memiliki tiga anak. Orang tuanya, Randahl dan Anita Lindgren, tinggal di Burke, Virginia. Kakaknya, Niki Lindgren, tinggal di Los Angeles, California. Ia memiliki kesukaan menghabiskan waktu bersama keluarganya, berjalan, membaca, film, fotografi, astronomi amatir dan kegiatan gereja.

Lindgren menyelesaikan tahun pertamanya di Lakenheath High School di Inggris. Berpartisipasi di Virginia Governoor School di William and Mary College selama musim panas 1990. Lulus dari Sekolah Menengah James W. Robinson Fairfax, Virginia pada tahun 1991.

Ia menerima gelar Bachelor of Science di bidang Biologi dari Akademi Angkatan Udara AS pada tahun 1995; Master of Science di bidang kardiovaskular fisiologi dari Colorado State University (CSU) pada tahun 1996; dan Doktor dari Universitas Colorado pada tahun 2002.

Menyelesaikan National Library of Medicine Post-Doctor Fellowship dan Master Informatika Kesehatan di University of Minnesota pada tahun 2006. Menyelesaikan residensi dua tahun dalam pengobatan kedirgantaraan (2008) dan Master of Public Health (2007) di Universitas Texas Medical Branch (UTMB) di Galveston, Texas.

Pada Akademi Angkatan Udara AS, Lindgren adalah anggota dari tim parasut "Wings of Blur", di mana ia menjabat sebagai instruktur, pemimpin penerjunan dan anggota tim kejuaraan nasional antar akademi. Sebagai bagian dari studi master di CSU, Lindgren juga melakukan penelitian penanggulangan kardiovaskular di Ruang Fisiologi Lab di NASA Ames Research Center di Sunnyvale, California.

Lindgren mulai bekerja di NASA Johnson Space Center di tahun 2007. Lindgren terpilih pada bulan Juni 2009 sebagai salah satu dari 14 anggota kelas astronot NASA ke-20. Setelah selesainya dua tahun pelatihan dan evaluasi, ia ditugaskan di Spacecraft Communicator (CAPCOM).

Oleg Kononenko
Kononenlo lahir pada 21 Juni 1964, di Chardzhow, Turkmenia. Menikah dengan Tatiana Mikhailovna Kononenko, mereka memiliki dua anak, Alisa dan Andrey. Oleg sangat suka membaca buku, berolahraga seperti sepakbola dan tenis, serta menghabiskan waktu bersama keluarga.

Lulus dari N.E. Zhukovksy Kharkov Aviation Institute pada tahun 1988 sebagai insinyur mesin. Ia juga menjadi Pahlawan Federasi Rusia (2009), dan mendapatkan pin Gagarin dari Badan Antariksa Federal Rusia (Rocosmos).

Pada tahun 1996, Oleg Kononenko terpilih sebagai calon kosmonot [kosmonot adalah sebutan orang Rusia yang ke luar angkasa] dari Cosmonaut Corps of the Samara Central Design Bureau. Dari Juni 1996 sampai Maret 1998, ia menjalani pelatihan kosmonot dasar di Gagarin Cosmonot Training Center dan pada tanggal 20 Maret 1998, ia dianugerahi gelar uji kosmonot oleh Interagency Qualification Committee.

Pada bulan Oktober 1998 ia mulai pelatihan sebagai bagian dari kelompok kosmonot terpilih untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kononenko melakukan spaceflight pertama pada 8 April-24 Oktober 2008 sebagai insinyur penerbangan Soyuz TMA-12.

Ia ditugaskan memasang modul Kibo dan manipulator JEMRMS pada badan ISS saat itu. Kononenko spacewalk selama 12 jam 15 menit dengan total 199 hari di luar angkasa.

Kimiya Yui
Kimiya Yui lahir pada tahun 1970, di Nagano, Jepang. Dia lulus dari Sekolah Ilmu dan Teknik di Akademi Pertahanan National Jepang pada bulan Maret 1992. Ia bergabung dengan Japan Air Self Defense Force, Departemen Pertahanan pada bulan April 1992. Dari Desember 2008 hingga pensiun, ia bekerja sebagai Letnan Kolonel di Staf Air kantor, JASDF.

Dia terpilih menjadi calon astronot Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) pada bulan Februari 2009 dan bergabung JAXA pada bulan April 2009.

Sejak April 2009, ia telah berpartisipasi selama dua tahun dalam Pelatihan Calon Astronot di NASA, yang meliputi briefing ilmiah dan teknis, instruksi intensif pada sistem ISS, kegiatan Extravehicular (EVA), robotika, pelatihan fisiologis, pelatihan penerbangan menggunakan jet T-38, dan pelatihan bertahan hidup.

Dia bersertifikat sebagai astronot ISS pada bulan Juli, 2011. Pada bulan Oktober 2012, ia ditugaskan sebagai anggota kru untuk ISS Expedition 44/45 misi, yang akan meluncur pada 23 Juli 2015 ini.