Planet Venus dan Jupiter Berduet di Langit Senja Ini

Planet Venus dan Jupiter Berduet di Langit Senja Ini
Planet Venus (bintang terang di bawah kanan) dan Jupiter (bintang di atas kiri). Kredit: Suzanne Murphy
Info Astronomy - Setiap malam di sepanjang bulan Juni 2015, Sang Ratu dan Raja planet yang menyilaukan, Venus dan Jupiter, bakal muncul membuka malam. Dan kabar bagusnya, mereka akan semakin dekat satus sama lain setiap malam!

Venus akan berkonjungsi terhadap Jupiter pada akhir Juni atau awal Juli 2015. Pada waktu itu --terutama pada malam 30 Juni dan 1 Juli-- Anda dapat menyaksikan Venus-Jupiter yang bersebelahan, setelahnya mereka tidak akan bersebelahan lagi hingga 27 Agustus 2016.

Venus dan Jupiter masing-masing merupakan objek paling terang ketiga dan keempat di langit malam setelah Matahari dan Bulan. Akan sangat mudah menemukan mereka, kecuali cuaca berawan.

Untuk menemukannya, tengok langit Barat sekitar beberapa menit setelah Matahari terbenam. Anda akan menemukan sebuah bintang paling terang di langit, itu adalah Planet Venus, sementara itu Jupiter berada beberapa derajat di atasnya.

Yup, planet-planet ini hanya akan terlihat bagai bintang. Ini karena jarak mereka dari Bumi sangaaaaaaaaaaaaaaat jauh!

Pengamatan disarankan menggunakan teleskop untuk melihat Venus dan Jupiter lebih dekat dan lebih jelas. Namun jangan khawatir, tanpa teleskop pun Anda masih bisa mengamatinya. Tapi hanya sebatas bintang seperti pada foto di atas.

Peristiwa ini hanya peristiwa biasa, tidak menyebabkan atau mengisyaratkan bakal terjadi bencana di Bumi. Pastikan Anda tidak membaca informasi cocoklogi tentang peristiwa astronomis yang disambungkan dengan hal-hal gaib.

1. Saya sangat mengagumi tentang Astronomi . Saya ingin memiliki teleskop yang sesuai kebutuhan saya mengamati bulan,bintang,serta benda benda langit lain nya yg nampak. Dimana saya bisa mendapatkannya? Mohon bantuan nya.
    Terimakasih