1 Juli 2015: Super-Konjungsi Venus dan Jupiter!

Letak Planet Venus & Jupiter pada 1 Juli 2015. Kredit: Stellarium, Dokumen Info Astronomy
Info Astronomy - Sebuah peristiwa astronomis yang menarik perhatian para pengamat langit akan terjadi pada awal Juli 2015, yakni Super-Konjungsi Planet Venus dan Planet Jupiter!

Konjungsi adalah peristiwa astronomis ketika dua benda angkasa memiliki kedudukan yang sama atau bujur ekliptikal yang sama di langit Bumi. Dan Super-Konjungsi ini adalah sebuah hiperbola dari konjungsi itu sendiri.

Saat Super-Konjungsi, Planet Venus dan Jupiter hanya akan terpisah 0°20' satu sama lain di langit Barat Laut daerah Anda. Venus akan berada di magnitudo -5,3, dan Jupiter di magnitudo -1,8, dan keduanya berada di konstelasi Leo.

Dari Indonesia, sepasang planet ini akan terlihat sekitar 20 menit setelah Matahari terbenam. Mereka kemudian akan tenggelam menuju cakrawala sekitar 3 jam 1 menit setelah Matahari terbenam atau tepatnya pada 20:48 waktu lokal daerah Anda.

Pada Super-Konjungsi ini, Venus dan Jupiter akan cukup dekat sehingga nyaman untuk diamati dalam satu bidang pandang teleskop. Tetapi jangan khawatir, peristiwa ini juga akan terlihat dengan mata telanjang dan dapat diamati di seluruh Indonesia.