Dua Dunia, Satu Matahari

Dua Dunia, Satu Matahari
Kredit: NASA
Info Astronomy - Bagaimana perbedaan saat Matahari tenggelam di Mars dan di Bumi? Sebagai perbandingan, dua gambar dari Bintang kita yang diambil saat terbenam, satu dari Bumi dan satu dari Mars. Gambar-gambar ini memiliki skala lebar sudut yang sama dan ditampilkan bersampingan.

Sekilas mengungkapkan bahwa Matahari muncul sedikit lebih kecil di Mars daripada dari Bumi. Ini masuk akal karena jarak Mars ke Matahari 50% lebih jauh daripada Bumi.

Yang lebih mencolok, mungkin, adalah bahwa Mars sunset terasa lebih biru dekat Matahari daripada warna oranye biasanya dekat Matahari terbenam dari Bumi. Alasan untuk warna biru dari Mars tidak sepenuhnya dipahami, tetapi diduga berhubungan dengan sifat pembiasan debu Mars.

Daratan saat Matahari terbenam di Bumi diambil pada Maret 2012 dari Marseille, Perancis, sedangkan Matahari terbenam di Mars dipotret pada April 2015 oleh robot Curiosity milik NASA dari kawah Gale di permukaan Planet Mars.

Content Credit: Two Worlds One Sun