Saran pencarian

24 Mei 2015: Konjungsi Bulan dengan Planet Jupiter

Pemandangan langit Barat senja ini bakal terlihat cantik dihiasi Bulan, bintang-bintang dan tentu saja, Planet Jupiter dan Planet Venus.
Letak Bulan dan Planet Jupiter, 24 Mei 2015 jam 19:00. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Pemandangan langit Barat senja ini bakal terlihat cantik dihiasi Bulan, bintang-bintang dan tentu saja, Planet Jupiter dan Planet Venus.

Yang lebih menarik lagi, Bulan dan Planet Jupiter akan membuat pendekatan terdekat mereka senja ini, keduanya bakal bersebelahan sekitar 4°58' satu sama lain. Tentu saja ini akan menjadi pemandangan yang cantik.

Dari Indonesia, peristiwa yang disebut Konjungsi Bulan-Jupiter ini bakal terlihat sekitar pukul 17:56 waktu lokal daerah Anda, saat itu mereka berkedudukan 63° di atas cakrawala Barat Laut Anda. Mereka kemudian akan tenggelam menuju cakrawala Barat Laut sekitar 5 jam 12 menit setelah Matahari terbenam, atau pada 22:53.

Pada saat pendekatan terdekat, Bulan akan berada di magnitudo -11,4, dan Jupiter di magnitudo -2.0, dan berada di konstelasi Cancer. Pasangan ini akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam bidang pandang teleskop.

Tidak punya teleskop? Jangan kuatir. Anda tetap bisa melihat Konjungsi Bulan-Jupiter ini, namun tentu saja Jupiter hanya akan nampak bagai bintang kuning kecil seperti pada foto di bawah ini.

Letak Bulan dan Jupiter, 24 Mei 2015 jam 19:00. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Selamat mengamati!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.