24 Mei 2015: Konjungsi Bulan dengan Planet Jupiter

Letak Bulan dan Planet Jupiter, 24 Mei 2015 jam 19:00. Kredit: Stellarium, Info Astronomy
Info Astronomy - Pemandangan langit Barat senja ini bakal terlihat cantik dihiasi Bulan, bintang-bintang dan tentu saja, Planet Jupiter dan Planet Venus.

Yang lebih menarik lagi, Bulan dan Planet Jupiter akan membuat pendekatan terdekat mereka senja ini, keduanya bakal bersebelahan sekitar 4°58' satu sama lain. Tentu saja ini akan menjadi pemandangan yang cantik.

Dari Indonesia, peristiwa yang disebut Konjungsi Bulan-Jupiter ini bakal terlihat sekitar pukul 17:56 waktu lokal daerah Anda, saat itu mereka berkedudukan 63° di atas cakrawala Barat Laut Anda. Mereka kemudian akan tenggelam menuju cakrawala Barat Laut sekitar 5 jam 12 menit setelah Matahari terbenam, atau pada 22:53.

Pada saat pendekatan terdekat, Bulan akan berada di magnitudo -11,4, dan Jupiter di magnitudo -2.0, dan berada di konstelasi Cancer. Pasangan ini akan terlalu luas terpisah untuk muat dalam bidang pandang teleskop.

Tidak punya teleskop? Jangan kuatir. Anda tetap bisa melihat Konjungsi Bulan-Jupiter ini, namun tentu saja Jupiter hanya akan nampak bagai bintang kuning kecil seperti pada foto di bawah ini.

Letak Bulan dan Jupiter, 24 Mei 2015 jam 19:00. Kredit: Stellarium, Info Astronomy