Lima Planet Tata Surya Bakal Menghiasi Langit Sepanjang Februari 2015

Bulan dan Jupiter saat senja pada 31 Mei 2014 di Texas. Kredit: Debra Fryar
Info Astronomy - Februari 2015 bakal menjadi saat-saat terbaik untuk mengamati lima planet di tata surya kita sepanjang malam!

Mulai dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter hingga Saturnus dapat kita amati dengan bantuan teleskop atau mata telanjang sekalipun. Menarik? Pasti! Simak uraian berikut ini agar tahu kapan Anda harus observasi.

Planet-planet saat Senja

Planet Venus di kala senja hingga menjelang malam
Planet Venus merupakan planet dengan kenampakan paling terang di antara kenampakan planet tata surya lain di langit Bumi, Venus juga merupakan objek langit ketiga paling terang di langit setelah Matahari dan Bulan.

Venus dapat mulai diamati satu jam setelah Matahari terbenam sepanjang Februari 2015. Venus akan nampak bagai bintang paling terang yang tak berkelap-kelip jika Anda mengamatinya tanpa teleskop, ia akan didampingi Mars hingga akhir Februari ini.

Planet Mars menemani Planet Venus
Venus akan membantu Anda menemukan Planet Mars, sebab keduanya bersebelahan di langit kala senja datang. Keduanya terletak di sepanjang ekliptika, atau jalur Matahari. Venus dan Mars bakal benar-benar dekat pada 20-21 Februari 2015.

Jika Anda menemukan bintang kemerahan kecil di dekat Planet Venus (ini jika Anda sudah berhasil menemukan Planet Venus tentunya), itulah Planet Mars.

Planet Jupiter terang sepanjang malam
Jupiter, planet terbesar di tata surya, siap mencapai titik oposisinya pada 6 Februari 2015. Apa itu oposisi? Peristiwa oposisi adalah dimana Matahari-Bumi-Jupiter berada satu garis lurus di tata surya. Hal ini membuat jarak Bumi-Jupiter menjadi relatif lebih dekat.

Oposisi Jupiter tidak akan berdampak negatif ke Bumi, termasuk tidak akan mengganggu gravitasi Bumi. Justru oposisi ini membuat para pengamat langit di Bumi merasa dipuaskan dengan cemerlangnya Planet Jupiter.

Jupiter akan nampak bagai bintang kuning-keputihan di langit Timur saat menjelang malam. Ia akan terus bergerak semu ke langit Barat hingga tengah malam. Walaupun ia merupakan planet terbesar di tata surya, kenampakannya hanya bagai bintang saja jika diamati tanpa teleskop alias mata telanjang.

Planet-planet saat Dinihari

Saturnus muncul di langit dinihari sepanjang Februari 2015
Planet Saturnus muncul dari arah langit Tenggara sekitar dua setengah jam setelah tengah malam pada awal bulan Februari dan sekitar satu setengah jam setelah tengah malam pada akhir Februari 2015.

Anda tidak akan melihat cincin megah Saturnus jika hanya mengamati lewat mata, Anda butuh teleskop untuk menikmati keindahan cincinnya.

Saturnus hanya akan nampak bagai bintang kuning kecil tanpa berkelap-kelip di langit malam jika Anda mengamatinya tanpa teleskop. Namun, jika ini pertama kalinya Anda mengamati sebuah planet, Anda akan tetap merasa penasaran!

Planet Merkurius di ufuk Timur menjelang Fajar
Merkurius adalah planet yang berada paling dekat dengan Matahari di tata surya kita dan selalu berada di dekat Matahari di langit Bumi.

Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara di belahan Bumi Selatan yang bisa mengamati Planet Merkurius sepanjang Februari 2015.

Pada tanggal 16-17 Februari, Bulan akan membantu Anda menemukan Planet Merkurius karena mereka bakal berdekatan.

Seperti kenampakan planet-planet sebelumnya, Merkurius hanya akan nampak bagai bintang kecil berwarna putih di langit Subuh. Anda butuh binokuler untuk membantu pengamatan Sang Merkurius ini.

Selamat mengamati dan semoga bermanfaat!

Referensi: EarthSky. Alih bahasa: Riza Miftah Muharram