Sebesar Apakah Planet Saturnus?

Sebesar Apakah Planet Saturnus?
Perbandingan Saturnus dengan Bumi. Skala diperkecil. Jarak diabaikan. Kredit: Wikimedia Commons
Info Astronomy - Saturnus adalah salah satu planet di Tata Surya kita yang dikenal juga sebagai planet raksasa gas bercincin, dan merupakan planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter. Saturnus berukuran besar, tapi tahukah Anda seberapa besar sebenarnya planet ini?

Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari (sekitar 1.430.000.000 km), karena itulah Saturnus tampak tidak terlalu jelas dari Bumi. Saturnus ber-revolusi mengelilingi Matahari dalam waktu 29,46 tahun. Setiap 378 hari, Bumi-Saturnus-Matahari akan berada dalam satu garis lurus. Selain ber-revolusi, Saturnus juga berotasi dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 10 jam 40 menit 24 detik.

Saturnus memiliki kerapatan yang rendah karena sebagian besar zat penyusunnya berupa gas dan cairan. Inti Saturnus diperkirakan terdiri dari batuan padat dengan atmosfer tersusun atas gas amonia dan metana, hal ini tidak memungkinkan adanya kehidupan di Saturnus.

Karakteristik Fisik

Saturnus memiliki bentuk yang hampir rata di kutub dan bengkak keluar di sekitar ekuator atau khatulistiwanya. Diameter khatulistiwa Saturnus kira-kira sebesar 120.536 kilometer, di mana diameter dari Kutub Utara ke Kutub Selatan Saturnus hanya sebesar 108.728 km, berbeda sekitar 9%.

Saturnus adalah satu-satunya planet di Tata Surya yang massa jenisnya lebih sedikit daripada air. Walaupun inti Saturnus memiliki massa jenis yang lebih besar daripada air. Planet ini memiliki atmosfer yang mengandung gas, sehingga massa jenis relatif planet ini sebesar is 0,69 g/cm³ (lebih sedikit daripada air). Akibatnya, jika Saturnus diletakan di atas kolam yang penuh air, Saturnus akan mengapung.

Cincin Saturnus

Cincin Saturnus sangat unik, terdiri beribu-ribu cincin yang mengelilingi planet ini. Bahan pembentuk cincin ini masih belum diketahui. Namun yang pasti, cincin Saturnus ini terbentuk dari jutaan bongkahan batu luar angkasa yang berukuran mulai sebutir debu hingga sebesar rumah.

Para ilmuwan berpendapat, cincin itu tidak mungkin terbuat dari lempengan padat karena akan hancur oleh gaya sentrifugal. Namun, tidak mungkin juga terbuat dari zat cair karena gaya sentrifugal akan mengakibatkan timbulnya gelombang.

Jadi, sejauh ini, diperkirakan yang paling mungkin membentuk cincin-cincin itu adalah bongkahan-bongkahan es meteorit. Cincin ini terentang dari 6.630 km - 120.700 km di atas atmosfer Saturnus, yang membuatnya seperti telinga jika diamati dengan teleskop kecil dari Bumi.

Perbandingan dengan Bumi

Planet Saturnus begitu besar. Dibandingkan dengan Saturnus, planet Bumi kita sangatlah kecil, kurang lebih seperti pada ilustrasi di atas. Pertama, mari kita lihat saja karakteristik fisik Saturnus. Dengan diameter Saturnus seperti yang dijelaskan di atas, itu artinya diameter Saturnus sekitar 9,5 kali lebih besar dari Bumi.

Luas permukaan planet Saturnus adalah 83 kali luas permukaan Bumi, dan volume Saturnus adalah 764 kali volume Bumi. Dengan kata lain, Anda bisa--entah bagaimana caranya--memasukan sekitar 764 Bumi atau planet seukuran Bumi ke dalam Saturnus. Oh iya, massa Saturnus juga lebih besar dari Bumi, yakni 95 kali massa Bumi.

Satu perbandingan menarik antara Bumi dan Saturnus adalah kepadatan. Bumi adalah planet terpadat di Tata Surya kita, sementara Saturnus adalah yang paling rendah kepadatannya. Kepadatan Bumi adalah 5,52 g/cm³, dengan dibandingkan dengan kepadatan Saturnus yang dijelaskan di atas, Bumi menjadi 8 kali lebih padat dari Saturnus.