Malam Ini, Komet C/2014 Q2 (Lovejoy) Mencapai Puncak Terterangnya!

Komet C/2014 Q2 (Lovejoy) di langit New South Wales, Australia. Kredit: Denis Crute
Info Astronomy - Komet awal tahun, C/2014 Q2 (Lovejoy) akan mencapai titik Apogee --titik terdekat dengan Bumi. Ia hanya akan berjarak 70.200.000 km dari lantai rumah Anda.

Dengan ia berada di Apogee, kecerlangan komet Lovejoy ini akan meningkat. Dan kabar baiknya, Anda bisa mengamatinya lewat mata atau dengan bantuan teleskop.

Penasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Jalur pergerakan komet Lovejoy dari hari ke hari sepanjang Januari 2015. Kredit: Sky & Telescope

Bagaimana Cara Mengamati Komet Lovejoy?

Pada 7 Januari 2015, komet Lovejoy akan berada di rasi bintang Eridanus seperti pada foto di atas. Lebih tepatnya, berada pada deklinasi -02°25'44" di langit Bumi.

Komet Lovejoy sudah bisa diamati pukul 19:00 waktu setempat daerah Anda. Ia akan bertengger 60° dari cakrawala Timur Anda dengan magnitudo 4,9.[Lihat foto di bawah]

Letak komet Lovejoy di langit 7 Januari 2015 19:00. Via Stellarium.
Anda membutuhkan teleskop atau teropong untuk mengamati Komet Lovejoy yang lengkap dengan ekornya. Sebab, komet cukup redup, sehingga Anda mungkin hanya akan melihatnya bagai titik hijau kecil di langit malam ini.

Pengamatan juga harus didukung cuaca yang bersahabat. Dengan kata lain, tidak mendung atau hujan. Juga direkomendasikan mengamati di wilayah yang jauh dari perkotaan untuk view langit yang bersih dari polusi.

Komet C/2014 Q2 (Lovejoy) ini bisa terus diamati hingga sekitar pukul 1:30 waktu setempat daerah Anda. Saat itu komet sudah berada di langit Barat hendak terbenam.

Perlu diketahui, kenampakan komet berbeda dengan kenampakan meteor. Komet cenderung diam di suatu titik di langit, ia hanya bergerak semu karena rotasi Bumi, sedangkan meteor bergerak cepat seperti pesawat (sebenarnya, meteor jauh lebih cepat dari pesawat).

Dari Mana Komet Lovejoy Berasal?

Pemburu komet asal Australia, Terry Lovejoy merupakan penemu komet C/2014 Q2 (Lovejoy) ini saat Subuh tanggal 17 Agustus 2014 gambar kamera CCD ditambah teleskop Celestron C-8.

Komet ini kemudian dinamai dengan nama belakang penemunya, Lovejoy, dan mendapat kode nama C/2014 Q2 dari Minor Planet Center.

Lovejoy akan berada pada jarak terdekatannya dengan Matahari --atau yang disebut Perihelion-- pada 30 Januari 2015 mendatang. Jaraknya diperkirakan hanya 369.000 km dari permukaan Matahari.

Saat perihelion nanti, komet diprediksi akan lebih terang kenampakannya, plus lebih sulit diamati sebab berada di dekat Matahari. Ekor komet juga akan memanjang hingga jutaan kilometer!

Komet C/2014 Q2 (Lovejoy) adalah sebuah komet yang memiliki periode orbit yang sangat panjang. Dengan begitu, jika Anda tidak berhasil mengamati komet Lovejoy tahun ini, Anda harus menunggu 8000 tahun lagi hingga komet Lovejoy kembali mendekati Bumi dan Matahari.