Komet C/2014 Q2 (Lovejoy) Semakin Cerlang di Langit Bumi!

Komet C/2014 Q2 (Lovejoy). Kredit: Justin Ng
Info Astronomy - Komet C / 2014 Q2 (Lovejoy) diperkirakan akan mencapai titik kecerlangan maksimal dengan sekitar magnitudo 4,4. Ia akan terletak pada jarak 1,33 SA dari Matahari, dan pada jarak 0,47 SA dari Bumi.

Dari Jakarta, komet Lovejoy ini akan terlihat di langit malam. Anda bisa mulai mengamatinya sekitar pukul 19:05 WIB, Lovejoy akan berada 65° di atas ufuk Timur.

Komet ini kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit pada pukul 20:36 WIB, Lovejoy bakal bertengger pada 81° di atas cakrawala utara Anda. Dan bisa terus diamati sampai sekitar 01:23, ketika tenggelam ke 19° di atas ufuk Barat.

Sebelum melakukan pengamatan, pastikan daerah Anda terbebas dari polusi udara maupun polusi cahaya. Atau setidaknya tidak mendung apa lagi hujan.

Jika Anda mengamati lewat mata telanjang saja, komet Lovejoy hanya akan terlihat bagai titik hijau dengan sedikit ekor di atasnya. Lain halnya saat Anda melakukan pengamatan pakai teleskop atau teropong.

Sebagai tambahan info: Saat ini komet Lovejoy berada di sekitar rasi bintang Eridanus. Gunakan aplikasi peta langit untuk menemukan rasi bintang Eridanus dan berburu komet Lovejoy.