Cara Menemukan Komet C/2014 Q2 (Lovejoy) di Langit Malam

Komet Lovejoy pada 8 Januari 2015 di langit Australia. Kredit: Nick Howes
Info Astronomy - Komet C/2014 Q2 (Lovejoy) telah berada pada jarak terdekat dengan Bumi --disebut perigee-- pada 7 Januari 2015. Saat itu merupakan malam terbaik untuk mengamatinya.

Tahukah? Komet Lovejoy mudah untuk dilihat dengan mata telanjang dari balkon rumah Anda jika Anda tahu persis di mana letaknya. Kami akan bantu Anda untuk menemukannya.

Simak baik-baik.

Untuk melihat Komet Lovejoy dengan mata telanjang, Anda butuh langit yang benar-benar gelap dan bebas polusi. Komet Lovejoy akan nampak bagai titik hijau kecil di langit jika Anda mengamatinya dengan mata telanjang.

Letak Komet Lovejoy. Gunakan rasi bintang Orion untuk menemukannya. Kredit: Bob King
Tim pengamat Info Astronomy memanfaatkan rasi bintang Orion dan rasi bintang Taurus untuk menemukan Komet Lovejoy. Anda mungkin bisa menerapkannya juga untuk memudahkan.

Simak foto kedua di atas, yang pertama Anda harus temukan adalah tiga bintang berjejer. Ketiga bintang tersebut merupakan bagian dari rasi bintang Orion, dapat Anda temukan di langit atas kepala Anda sekitar pukul 20:00 waktu setempat rumah Anda.

Jika sudah menemukannya, Anda juga akan melihat gugus bintang Pleiades beberapa derajat di sebelah Barat Laut dari rasi bintang Orion.

Tariklah garis segitiga dari gugus bintang Pleiades dan bintang Aldebaran menuju titik hijau kecil yang terlihat samar seperti pada gambar. Angka menunjukan tanggal pengamatan Anda.

Perlu diingat: Kenampakan komet tidak seperti meteor yang bergerak cepat. Komet bergerak mengikuti rotasi Bumi (atau yang dinamakan gerak semu harian). Ekor komet tidak akan terlihat jika Anda mengamatinya dengan mata telanjang. Gunakan teleskop untuk hal tersebut.

Selamat berburu komet!