Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Eropa Siap Bikin Sejarah Pendaratan Pertama di sebuah Komet

Eropa Siap Bikin Sejarah Pendaratan Pertama di sebuah Komet
Eropa Siap Bikin Sejarah Pendaratan Pertama di sebuah Komet
Ilustrasi wahana Philae saat akan mendarat di sebuah Komet. Kredit: ESA
Info Astronomy - Para ilmuwan, astronom profesional maupun yang amatir sedang menunggu hari Rabu (12/11) pekan ini, ketika wahana antariksa Rosetta milik Agensi Antariksa Eropa (ESA) akan melakukan pendaratan di sebuah komet.

Bukan Rosetta yang mendarat, melainkan Philae (baca: fee-lay). Philae akan diterjunkan dari Rosetta untuk mendarat di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko pada tanggal 12 November 2014 pada 22:35 WIB.

Kita semua yang berada di Bumi berjarak kurang lebih 500 juta kilometer dari komet tersebut. Dengan begitu, kita tidak akan tahu Philae sudah berhasil mendarat atau belum hingga sinyal diterima sekitar pukul 23:02 WIB (12/11).

Jika semua berjalan sesuai rencana, ini akan menjadi prestasi yang mengagumkan! Sekadar informasi, komet dan Rosetta bergerak melintasi antariksa pada kecepatan 60.000 per jam.

Lokasi pendaratan --yang sebelumnya dikenal hanya sebagai J Site-- sekarang memiliki nama resmi. Sudah diberi nama Agilkia, dipilih setelah kompetisi esai dari ESA.

Nama Agilkia mengacu pada sebuah pulau di Sungai Nil. Dalam sejarahnya, ada sebuah bangunan kuno yang dipindahkan ke pulau Agilkia setelah pulau Philae banjir besar.

Lokasi pendaratan Philae. Kredit: ESA
Setelah berhasil mendarat nantinya pada tanggal 12 November 2014, Philae akan mengambil gambar pertama yang pernah diambil dari permukaan komet.

Philae juga akan mengebor ke permukaan komet untuk mempelajari komposisi, dan menyaksikan secara dekat bagaimana perubahan komet yang bergerak semakin dekat ke Matahari.

Philae dapat tetap aktif di permukaan komet selama sekitar dua setengah hari. Induknya, Rosetta, akan tetap di orbit komet 67P hingga titik perihelion komet, atau titik terdekat komet dengan Matahari, pada bulan Juli 2015.

Selain komet merupakan objek kosmik yang indah, komet memberikan petunjuk penting tentang sejarah tata surya kita.

Komet dianggap objek primitif tata surya yang secara harfiah membeku dan mereka mungkin telah memainkan peran dalam "penyemaian" Bumi dengan air dan, mungkin, bahan dasar untuk kehidupan.

Rosetta diluncurkan pada bulan Maret 2004 dan menghabiskan 957 hari "hibernasi" untuk menghemat dayanya sebelum sampai di orbit komet 67P pada Agustus 2014.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.