Saran pencarian

Pluto Bakal Diklasifikasikan Sebagai Planet Lagi

Setelah 8 tahun menjadi planet katai, Pluto bakal menjadi planet lagi?
Ilustrasi Pluto. Kredit: Image Broker/Rex
Info Astronomy - Pluto kemungkinan besar bakal bergabung dengan klub eksklusif tata surya yang disebut "planet" setelah delapan tahun diturunkan statusnya sebagai planet kerdil.

International Astronomical Union (IAU) menurunkan status Pluto dari planet menjadi planet kerdil pada tahun 2006 silam setelah ditemukannya planet kerdil lain, Eris, yang ukurannya hampir sama seperti Pluto.

Sejak saat itu, Pluto telah menikmati masa-masa suramnya berstatus planet kerdil, status 'kelas dua' yang akhirnya membut tata surya resmi hanya memiliki delapan planet (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus).

Pro-kontra penurunan status Pluto
Setelah penurunan status, ternyata tidak semua astronom dan ilmuwan setuju untuk menurunkan status Pluto dari planet menjadi planet kerdil.

Seperti pekan ini, Harvard Smithsonian Center mengadakan debat, dan membiarkan pendapat ilmuwan maupun astronom menjadi suara untuk Pluto bergabung kembali dengan klub 'planet'.

Dimitar Sasselov, direktur Harvard Origins of Life Initiative, mengatakan definisi planet yang harus memiliki ukuran tertentu dan mampu membersihkan orbitnya dari benda langit lain merupakan definisi yang tidak tepat.

Oh iya, definisi tersebut yang membuat Pluto diturunkan statusnya, lho! Pluto berukuran lebih kecil dari Bulan kita dengan keliling sekitar 4.500 mil. Bahkan lebih kecil dari Rusia.

Definisi baru yang diusulkan oleh Sasselov adalah bahwa planet adalah "materi bulat kecil dari materi yang terbentuk di sekitar bintang" - yang akan membuka jalan bagi Pluto untuk menjadi planet lagi.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.