Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Dua Planet Ekstrasurya Seukuran Jupiter Ditemukan Mengorbit Bintang Kembar

Dua Planet Ekstrasurya Seukuran Jupiter Ditemukan Mengorbit Bintang Kembar
Dua Planet Ekstrasurya Seukuran Jupiter Ditemukan Mengorbit Bintang Kembar
Ilustrasi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah tim astronom Eropa telah menemukan sebuah "pertemuan keluarga" di alam semesta: bintang kembar yang masing-masing diorbiti planet ekstrasurya seukuran Jupiter.

Penemuan menarik ini terjadi saat tim astronom Inggris, ilmuwan Swiss serta Belgia sedang memelajari sebuah bintang yang diberi nama WASP-94A.

Mereka pertama kali menemukan bukti keberadaan sebuah planet seukuran Jupiter, dan kemudian sambil terus menyelidiki sistem ini, mereka tidak sengaja menemukan bintang lain di dekatnya.

Penyelidikan lebih lanjut kemudian mengungkapkan bahwa bintang lainnya (yang dinamakan WASP-94B) juga memiliki planet ekstrasurya seukuran Jupiter.

Dua bintang kembar ini disebut sistem biner --sistem dengan dua bintang yang mengorbit satu sama lain-- adalah hal yang biasa di alam semesta.

Diperkirakan bahwa setengah seluruh bintang di galaksi Bima Sakti kita adalah bagian dari sistem bintang biner atau bintang kembar.

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.