Cantiknya Galaksi Andromeda Hasil Jepretan Observatorium Bosscha

Dari Bandung, galaksi Andromeda tampak memesona!
Cantiknya Galaksi Andromeda Hasil Jepretan Observatorium Bosscha
Galaksi Andromeda. Kredit: Agus Triono PJ, Observatorium Bosscha
Info Astronomy - Galaksi Andromeda, galaksi ini merupakan galaksi tetangga galaksi kita, Bima Sakti. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya dengan 1 tahun cahaya setara 9,4 triliun kilometer jauhnya.

Pengamat langit malam, Agus Triono PJ, berhasil memotret pesona Galaksi Andromeda dari Observatorium Bosscha yang berada di Lembang, Bandung.

Triono memotret Galaksi Andromeda menggunakan teleskop 60 mm dan kamera Canon 550D. Andromeda terlihat cantik dengan kabut putihnya.

Untuk mengamati Galaksi Andromeda, memang ada waktu-waktu tertentunya, dan pastinya di tengah malam. Agustus hingga Oktober ini adalah saat terbaik mengamati Andromeda.

Galaksi Andromeda dapat dengan mudah ditemukan di langit atas kepala arah utara pada tengah malam. Syaratnya, langit tidak tercemar polusi udara, jauh dari lampu kota, dan tidak ada Bulan.

Daerah perkotaan mungkin akan sangat sulit menemukan Andomeda, Jakarta contohnya. Wilayah pedesaan atau pegunungan mungkin bisa jadi alternatif.

Selain itu, galaksi Andromeda hanya akan terlihat seperti pita kabut tipis yang kecil di langit. Untuk mengamati keseluruhannya, Anda bisa menggunakan teleskop dan bantuan peta langit.