Inilah Bukti Pertama adanya Awan Air Es di Tata Surya Lain

Ilustrasi katai coklat W0855 yang berada pada jarak 7 tahun cahaya dari tata surya kita. Kredit: NASA
Info Astronomy - Awan air es di tata surya kita terdapat pada atmosfer planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, namun belum pernah terlihat di luar tata surya kita, sampai sekarang.

Astrophysical Journal Letters menerbitkan temuan baru dari bukti adanya awan air es di luar tata surya kita pada Selasa, 9 September 2014.

Temuan itu berasal dari pengamatan yang dilakukan Las Campanas Observatory di Chile oleh Jacqueline Faherty dan tim dari Carnegie Institution for Science.

Para astronom ini menggunakan kamera inframerah untuk mendeteksi objek yang disebut WISE J085510.83-071442.5. Jika Anda malas membaca bahkan menghapal namanya, Anda bisa sebut W0855.

Objek ini pertama kali terlihat oleh satelit Wide-Field Infrared Explorer (WISE) milik Lembaga Antariksa AS (NASA). Objek ini tidak mampu diamati lewat teleskop berbasis Bumi.

Tim astronom berhasil memotret 151 gambar dari W0855 selama tiga malam. Kemudian mereka menggabungkan gambar-gambar tersebut.

Perbandingan gambar inframerah tim dengan model untuk memprediksi isi atmosfer katai coklat W0855 menunjukkan bukti adanya awan beku berupa sulfida dan air.

Katai coklat kadang-kadang digambarkan sebagai hibrida, objek yang memiliki massa bagai planet namun disebut bintang. Mereka agak mirip dengan planet gas raksasa di tata surya kita, Jupiter.

W0855, khususnya, adalah sistem keempat terdekat dikenal dengan matahari kita sendiri, praktis merupakan tetangga dekat Bumi dengan jarak sekitar 7 tahun cahaya. 1 tahun cahaya setara 9,4 triliun kilometer.

W0855 memiliki suhu sekitar -55° F sampai 8° F. Di luar angkasa, suhu seperti ini sangatlah panas.