Galaksi Andromeda Bergerak Mendekati Galaksi Bima Sakti

Galaksi Andromeda dipotret pada 28 Agustus 2014 oleh Tom Wildoner. Kredit: Tom Wildoner
Info Astronomy - Galaksi Andromeda (M31 atau NGC 224) adalah salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah, tanpa Bulan dan tanpa polusi cahaya.

Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya (1 tahun cahaya = 9,4 triliun kilometer).

Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, November.

Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang (sedangkan Bima Sakti hanya punya 200-400 miliar bintang), dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 kilometer per detik!

[Baca juga: Inilah Mengapa Tidak ada Misi ke Galaksi Andromeda]

Lembaga Antariksa AS (NASA) dan Agensi Antariksa Eropa (ESA) memperkirakan empat miliar tahun dari sekarang, galaksi kita, Bima Sakti, akan menabrak galaksi tetangga, Andromeda.

Akibat tabrakan ini, Matahari sebagai pusat tata surya kita akan terpental ke region berbeda. Kabar gembira buat kita penghuni Bumi, planet ini dan seluruh sistem tata suryanya tidak terancam hancur.

Ilustrasi suasana langit 4 miliar tahun mendatang saat Bima Sakti bertabrakan dengan Andromeda
Teleskop Hubble memberikan prediksi ini berdasarkan perhitungan gerakan dari Andromeda. Gravitasi mutual dari kedua galaksi ini, ditambah materi hitam yang tidak terlihat di sekitar keduanya, membuat mereka saling mendekat satu sama lain.

Skenario tabrakan Bima Sakti dan Andromeda ini digambarkan ibarat pemukul kayu yang bersiap menyambut bola bisbol berkecepatan tinggi!

Dalam simulasi komputer, terlihat jika dibutuhkan tambahan waktu dua miliar tahun lagi bagi kedua galaksi ini untuk bersatu dengan sempurna. Hingga akhirnya membentuk satu galaksi baru yang bentuknya umum ditemui di jagat angkasa.

Meski dibayangkan hal ini akan merusak tata surya kita, tidak demikian dikatakan oleh NASA. Sebab, meski kedua galaksi bertabrakan, tidak akan mengganggu bintang di dalamnya karena jarak yang terlalu jauh.

Tapi, dipastikan bintang tersebut --dalam tata surya kita adalah Matahari-- akan terlempar ke orbit lain di pusat galaksi yang baru. Simulasi juga memperlihatkan jika sistem tata surya kita kemungkinan terlempar jauh dari posisinya saat ini.

Kondisi lain yang membuat tabrakan ini agak rumit adalah terlibatnya "rekan kecil" dari Andromeda, Galaksi Triangulum, yang biasa disebut M33. Ada kemungkinan jika galaksi inilah yang pertama kali akan bersentuhan lebih dulu dengan Bima Sakti.