Ayo Amati Melintasnya Asteroid Sebesar Rumah Mulai Senja Ini

Kredit: Virtual Telescope
Info Astronomy - Sebuah batu luar angkasa atau yang disebut asteroid seukuran rumah berlantai tiga (20 meter) bakal lintasi Bumi pada pukul 1:00 dinihari WIB 8 September 2014.

Asteroid ini tidak memiliki potensi untuk menabrak Bumi kita hingga 100 tahun kedepan. Namun, jika sedikit saja orbitnya goyah dan menabrak Bumi dapat meluluh lantakan sebuah kota sebesar Jakarta.

Dan yang mengerikan, asteroid ini mengangkut energi 11 hingga 23 kali lipat lebih besar dari kekuatan bom nuklir Hiroshima-Nagasaki.

Batu luar angkasa ini juga memiliki ukuran yang sama dengan asteroid tak bernama yang meledak di kawasan Chelyabinsk, Rusia pada 15 Februari 2013 silam.

Asteroid tersebut diberi kode nama 2014 RC (Pitbull), bakal melintas dekat Bumi kita pada jarak sekitar 40.000 kilometer di atas permukaan Bumi, sepersepuluh lebih dekat dari jarak Bumi-Bulan.

Per teori asteroid ini akan muncul di langit Tenggara Indonesia semenjak terbenamnya Matahari pada Minggu, 7 September 2014 dan dapat diamati hingga tengah malam.

Namun, untuk mengamatinya dibutuhkan teleskop besar (teleskop canggih) atau teleskop semi-otomatis. Sebab, magnitudo asteroid Pitbull ini adalah 11,5. Amat sangat redup jika diamati dengan mata saja.

Jangan percaya jika ada yang mengatakan asteroid ini akan menabrak Bumi.