Astronom Temukan Galaksi Muda di Dekat Galaksi Bima Sakti

Foto galaksi DDO 68 yang diambil menggunakan Teleskop Antariksa Hubble. Kredit: NASA
Info Astronomy - Percaya atau tidak, namun faktanya semakin jauh kita melihat ke luar angkasa, semakin kita melihat ke masa lalu.

Pernyataan itu merupakan prinsip penting dari astronomi modern, lahir di akhir tahun 1920-an ketika Edwin Hubble menyadari bahwa alam semesta kita mengembang.

Apakah Anda tahu bahwa Anda memiliki kehebatan? Yakni mata Anda dan manusia lain dapat melihat objek langit yang jauhnya lebih dari 13 miliar tahun cahaya (1 tahun cahaya = 9,4 triliun km), dan dengan demikian kita melihat keadaan objek langit pada 13 miliar tahun yang lalu.

Itu juga berarti, galaksi spiral terdekat Bima Sakti, Sang Andromeda merupakan kenampakanya 2,5 juta tahun yang lalu saat kita amati lewat mata telanjang di langit malam.

Dan kemudian ada galaksi DDO 68, atau dikenal sebagai UGC 5340, berjarak hanya 39 juta tahun cahaya. Galaksi ini terlihat baru terbentuk (pada foto di atas), namun apakah benar demikian?

Gambar di atas menunjukkan galaksi DDO 68 yang diamati dan dipotret menggunakan Teleskop Antariksa Hubble yang ditempatkan di orbit Bumi di luar angkasa.

Dengan mempelajari galaksi pada berbagai jarak --dan otomatis berbagai usia-- astronom telah menemukan bahwa galaksi muda pada dasarnya berbeda dari galaksi yang lebih tua. DDO 68 terlihat menjadi relatif muda berdasarkan struktur, penampilan, dan komposisi.

Galaksi yang baru terbentuk berisi bintang dengan komposisi mirip dengan materi primordial yang tercipta saat Big Bang (hidrogen, helium dan lithium kecil).

Sedangkan galaksi tua diperkaya dengan unsur yang lebih berat (para astronom biasa menyebutnya logam) yang tercipta dalam bintang, selama beberapa generasi.Galaksi tua juga memiliki bentuk dan struktur galaksi pada umumnya.

DDO 68 tampaknya minim unsur-unsur yang lebih berat. Atau mungkin belum, dan tidak ada yang tahu mengapa.

Teleskop Hubble memperoleh gambar ini saat melakukan pengamatan untuk mempelajari sifat-sifat cahaya galaksi, dan untuk mengkonfirmasi apakah ada atau tidak ada bintang yang lebih tua di DDO 68.

Para astronom mengatakan mereka membutuhkan pemodelan komputer yang lebih rinci dari galaksi kerdil DDO 68 ini untuk memastikan apakah ia galaksi muda atau galaksi tua. Menarik? Tentu hanya untuk sebagian orang yang mencintai astronomi.