Titik Pendaratan Wahana Antariksa Rosetta di Komet 67P Disiapkan

Ilustrasi Philae saat mendarat di komet. Kredit: ESA/ADES Medialab
Info Astronomy - Wahana antariksa Rosetta milik Agensi Antariksa Eropa (ESA), yang kini telah berhasil mengorbit dan bergerak bersama komet 67P/Churyumov-Gerasimenko sejak 6 Agustus 2014 bersiap untuk mendarat pada komet berukuran 3-4 km tersebut.

Wahana antariksa Rosetta akan menjatuhkan 'adiknya' yang bernama Philae ke permukaan komet yang rencananya dilakukan pada 11 November 2014.

Saat ini ada banyak titik potensial pada komet, namun pada pertemuan insinyur Philae dan ilmuwan pada 22-24 Agustus 2014 nanti akan mempersempit pilihan ke lima lokasi pendaratan potensial.

Titik Pendaratan Wahana Antariksa Rosetta di Komet 67P Disiapkan
Titik-titik potensial untuk mendaratkan Philae. Kredit: DLR/ESA
Grafik komputer di atas dipetakan melalui sensor OSIRIS dan kamera NavCam yang disematkan pada Rosetta.

Daerah pendaratan terbaik ditandai dengan warna kuning dan oranye. Sedangkan warna hijau menandakan tempat pendaratan sementara.

Daerah merah adalah bagian dari belahan Utara komet yang saat ini menerima sinar Matahari terus menerus atau secara konstan (musim panas). Sedangkan daerah biru sekarang tidak menerima sinar Matahari.

Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko akan tetap dalam situasi musiman saat ini hingga memasuki tahun 2015, ketika lebih dekat dengan perihelion komet akan menjalani ekuinoks.