Seperti Inilah Jika Komet Rosetta Diletakan di Permukaan Bumi

Hanya ilustrasi, disunting lewat Photoshop. Kredit: Michel
Info Astronomy - Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko hanya memiliki lebar 3 kilometer. Terdengar kecil? Memang. Kecil untuk skala alam semesta.

Apa jadinya jika komet ini dibandingkan dengan gedung-gedung pencakar langit di Bumi, atau bahkan dibandingkan dengan dirimu? Seperti ilustrasi di atas lah gambarannya. Menakjubkan, sekaligus menakutkan!

Komet 67P ini sangat berbahaya bagi Bumi jikalau ia sampai menumbuk Bumi. Sebab 65 juta tahun lalu, komet yang memusnahkan Dinosaurus hanya berukuran 2 kilometer saja.

Punahlah peradaban maju umat manusia jika komet 67P mencium Bumi sesaat setelah Anda membaca artikel ini.

Ilustrasi di atas didesain oleh Michel, salah satu penulis InfoAstronomy.co.vu. Ia menempatkan komet 67P di atas kota Los Angeles, AS.

Wahana antariksa Rosetta milik Agensi Antariksa Eropa saat ini sedang berada di orbit komet 67P. Rosetta siap untuk mendaratkan wahana antariksa lain bernama Philae bulan November mendatang.

Fakta menarik
Kalau foto di atas itu komet, lalu kenapa tidak ada ekornya? Hmm, begini. Komet hanya akan mendapatkan ekornya jika ia berada dekat dengan Matahari (atau sebuah bintang lain).

Jika masih jauuuuuuh dari Matahari seperti komet 67P ini, ekornya belum nampak.