Saran pencarian

Galaksi Bima Sakti Jauh Lebih Ringan Daripada yang Kita Duga

Galaksi Bima Sakti Jauh Lebih Ringan Daripada yang Kita Duga
Galaksi Bima Sakti Jauh Lebih Ringan Daripada yang Kita Duga
Galaksi Bima Sakti dalam panjang gelombang inframerah. Kredit: NASA, Spitzer
Info Astronomy - Seperti yang kita ketahui, galaksi Andromeda adalah galaksi tetangga terdekat galaksi kita, galaksi Bima Sakti pada jarak 2,5 juta tahun cahaya. [1 tahun cahaya = 9,4 triliun km]

Penelitian sebelumnya menunjukan bahwa galaksi Andromeda memiliki dua kali lebih banyak bintang daripada yang dimiliki galaksi Bima Sakti, meskipun masih ada beberapa astronom yang menganggap bahwa galaksi kita lebih besar.

Sebuah metode anyar untuk menghitung massa galaksi ternyata menunjukkan bahwa Bima Sakti sebenarnya setengah lebih besar dari Andromeda.

Perhitungan baru ini dikembangkan oleh tim astronom internasional dan telah diterbitkan dalam jurnal Royal Astronomical Society.

Metode baru ini sangat mengejutkan, karena dalam melakukan perhitungan melibatkan 54 galaksi yang berjarak realtif sama seperti Bima Sakti ke Andromeda, dan kebanyakan dari 54 galaksi tersebut adalah kerdil yang ada di Grup Lokal Galaksi kita.

Meskipun alam semesta berkembang, galaksi dalam Grup Lokal tarik-menarik secara bersama-sama karena gaya gravitasi; fakta yang pada akhirnya akan mengarah pada perhitungan baru ini.

Setelah daftar galaksi dan jarak masing-masing disusun, para peneliti mampu mengidentifikasi titik pusat dari Grup Lokal untuk menambahkan semua materi yang terlihat serta materi gelap (dark matter).

Pada akhirnya, mereka mampu membuktikan penelitian lain yang telah mengklaim Bima Sakti bermassa lebih besar dari Andromeda.

Bahkan, galaksi kita hanya memiliki setengah massa dari galaksi Andromeda. Terlebih lagi, mereka menemukan bahwa hanya 10 persen dari masing-masing galaksi ini terdiri dari materi biasa. Sisa massa berasal dari materi gelap.

Bagaimana cara menimbang sebuah galaksi sampai mengetahui massanya? Begini, dalam ilmu sains massa tidak perlu ditimbang. Cukup dipelajari materi-materi yang terdapat pada sebuah objek lalu kita bisa menemukan massanya.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.