Planet Ekstrasurya Ini Memiliki Periode Orbit Terpanjang Sejagad

Ilustrasi planet Kepler 421b. Kredit: CfA
Info Astronomy - Para astronom telah berhasil menemukan sebuah planet ekstrasurya yang memiliki periode orbit terpanjang atau terlama terhadap bintang induknya.

Dinamakan Kepler-421b, planet ekstrasurya ini mengorbit bintangnya sekali setiap 704 hari. Sebagai perbandingan, Mars mengorbit Matahari sekali setiap 780 hari.

Sebagian besar dari 1800 lebih planet ekstrasurya yang telah ditemukan hingga kini lebih dekat dengan bintang induknya dan memiliki periode orbit yang jauh lebih singkat. Namun Kepler 421b berbeda.

"Menemukan Kepler 421b adalah keberuntungan," kata penulis David Kipping dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA).

Planet ekstrasurya Kepler 421b mengorbit sebuah bintang jingga tipe K yang lebih dingin dan lebih redup daripada matahari kita.

Ia mengelilingi bintang yang disebut Kepler 421 dengan jarak sekitar 177 juta kilometer. Akibatnya, planet seukuran Uranus ini memiliki suhu dingin hingga -93° Celcius.

Seperti namanya, Kepler-421b ditemukan menggunakan data dari teleskop antariksa Kepler milik Lembaga Antariksa AS yang saat ini berada di orbit Bumi.

Kepler telah mengamati lokasi planet ekstrasurya Kepler 421b terus menerus selama 4 tahun. Kepler mendeteksi planet ekstrasurya baru ini dengan teknik transit.

Teknik transit adalah mengamati bintang yang agak redup dari sebelumnya yang menandakan ada sebuah planet yang sedang lewat di depannya.

Planet ekstrasurya Kepler 412b berada di garis beku, yakni garis pemisah antara planet berbatu dan gas. Di luar garis beku, air mengembun menjadi butiran es untuk menciptakan planet gas raksasa.

Planet ekstrasurya Kepler 421b terletak sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Lyra.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Jurnal Astrofisika dan tersedia secara online. Informasi tambahan dapat ditemukan di https://www.cfa.harvard.edu/~dkipping/kepler421.html