Lihat Planet Saturnus di Sebelah Bulan Malam Ini

Simulasi letak Bulan dan Saturnus malam ini (10/6). Kredit: Stellarium
Info Astronomy - Pernah melihat sebuah planet di langit malam? Jika belum, malam ini ada kesempatan untuk melihatnya.

Anda akan melihat Planet Saturnus yang akan bersebelahan dengan Bulan pada sudut 0°36' satu sama lain. Dengan begitu, Saturnus akan digerhanai Bulan. Namun kita di Indonesia tidak kebagian melihat 'gerhana'-nya.

Anda dapat mengamati keduanya mulai pukul 18:00 waktu setempat di langit Timur sampai dengan Subuh keesokan harinya (11/6) di langit Barat.

Lihat Planet Saturnus di Sebelah Bulan Malam Ini
Fase Bulan dan fase Saturnus saat konjungsi malam ini (10/6). Kredit: Stellarium
Peristiwa ini dinamakan konjungsi dalam astronomi, konjungsi adalah peristiwa yang terjadi saat jarak sudut (elongasi) suatu benda dengan benda lainnya sama dengan nol derajat.

Saat konjungsi malam ini, Bulan akan berada di magnitudo -12,6, dan Saturnus di magnitudo 0.8, cukup terang untuk dilihat dengan mata dan keduanya berada di konstelasi Libra.

Di manapun Anda di Indonesia, Anda dapat mengamati peristiwa konjungsi Bulan & Saturnus ini selagi langit cerah tidak berawan.

Jika Anda punya teleskop, manfaatkan teleskop tersebut untuk mengamati momen konjungsi ini. Selamat mengamati!

Unduh aplikasi peta langit untuk Windows XP/Vista/7/8, Windows Phone, Mac, Linux, Android dan Java di sini.