Selasa Dinihari, Bulan Bersanding dengan Planet Venus di Langit Timur

Letak Bulan dan Venus selama 3 hari. Ilustrasi dibuat dengan software Stellarium.
Info Astronomy - Bangunlah dua jam sebelum Matahari terbit pada tanggal 23, 24 dan 25 Juni 2014. Tengok langit Timur dan Anda akan menemukan Bulan di sebelah Planet Venus.

Dengan magnitudo -3, Planet Venus menjadi obyek langit paling terang ketiga setelah Matahari dan Bulan. Sehingga kenampakannya bisa dilihat dengan mata telanjang.

Pada tanggal 24 Juni 2014, Bulan akan berada seolah di dekat atau di sebelah Planet Venus jika dilihat dari permukaan Bumi.

Dan keesokan harinya, tanggal 25 Juni 2014, Bulan yang bakal memasuki fase Bulan Mati tersebut akan terlihat bersebelahan dengan Planet Venus.

Semuanya sama, 2 jam sebelum Matahari terbit. Jadi Anda harus melihatnya mulai pukul 4 dinihari. Lebih dari itu, langit sudah semakin terang karena sang fajar tiba.

Ada obyek menarik selain Venus yang bisa Anda lihat pada 23, 24 & 25 Juni 2014. Yakni gugus bintang Pleiades.

Selasa Dinihari, Bulan Bersanding dengan Planet Venus di Langit Timur
Gugus bintang Pleiades. Kredit: James T. Swan
Dalam astronomi, Pleiades atau Gugus Kartika (Obyek Messier 45) adalah sebuah gugus bintang terbuka di rasi bintang Taurus.

Pleiades merupakan gugus bintang paling jelas dilihat dengan mata telanjang, dan salah satu yang terdekat dengan Bumi. Dalam tradisi perbintangan Jawa ia dikenal sebagai Lintang Wuluh.

Gugus tersebut didominasi oleh bintang-bintang biru panas yang terbentuk kurang dari 100 juta tahun yang lalu.

Debu yang membentuk nebula pemantul di sekitar bintang-bintang terang awalnya dikira sebagai sisa-sisa pembentuknya (dari sini nama alternatif Nebula Maia diturunkan dari bintang Maia).

Namun sekarang diketahui bahwa nebula tersebut hanyalah awan debu medium antarbintang yang kebetulan sedang dilintasi oleh gugus.

Astronom memperkirakan gugus akan bertahan hingga sekitar 250 juta tahun lagi, setelah itu gugus akan tercerai-berai karena interaksi gravitasi dengan obyek-obyek tetangganya.

Anda dapat melihat Lintang Wuluh ini di sebelah kiri Planet Venus seperti pada gambar pertama di atas. Tidak terlalu jelas memang dengan mata telanjang, maka dari itu disarankan menggunakan teropong bintang.