Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

FOTO: Bulan, Jupiter dan Merkurius di Langit Kota Malang

FOTO: Bulan, Jupiter dan Merkurius di Langit Kota Malang
FOTO: Bulan, Jupiter dan Merkurius di Langit Kota Malang
Bulan, Jupiter dan Mekurius di langit Malang. Lihat ukuran besar. Kredit: Asthadi Setyawan
Info Astronomy - Sebuah foto menakjubkan datang dari Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia oleh seorang astrofotografi Asthadi Setyawan.

Foto tersebut adalah sebuah senja berhiaskan Bulan, Planet Jupiter, Planet Merkurius dan terlihat juga bintang Sirius di langit Barat.

Setyawan mengambil foto ini pada 31 Mei 2014 tepatnya di Lowokwaru, Malang. Pada saat itu, Bulan, Jupiter dan Mekurius memang sedang membentuk segitiga di langit senja.

Untuk melihat Merkurius membutuhkan kejelihan dan cuaca cerah di sekitar cakrwala Barat Anda. Penggunaan teropong bintang mungkin akan membantu. Dalam foto terlihat Merkurius begitu kecil.

Sedangkan Jupiter 26.000 kali lebih besar daripada Bulan, namun karena jaraknya yang miliaran kilometer dari Bumi yang nampak adalah Jupiter terlihat kecil di langit Bumi.

Karena besarnya diameter Jupiter, meskipun jaraknya lima kali jarak Bumi kita dari Matahari, Jupiter bersinar begitu terang di langit malam. Jupiter merupakan obyek ke-5 paling terang di langit.

Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.