Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Curiosity Potret Planet Merkurius dari Planet Mars

Curiosity Potret Planet Merkurius dari Planet Mars
Curiosity Potret Planet Merkurius dari Planet Mars
Piringan Matahari yang dilintasi Merkurius. Kredit: NASA
Info Astronomy - Ini adalah pengamatan transit planet terhadap Matahari pertama yang diamati dari planet selain Bumi. Dan ini juga merupakan pengamatan Merkurius pertama dari permukaan Mars.

Dengan informasi yang tepat tentang kapan transit akan terjadi, robot penjelajah Curiosity yang berada di permukaan diatur untuk menghadap Matahari melalui instrumen kamera bernama Mast Camera (Mastcam).

Kamera tersebut memiliki filter surya untuk pengamatan secara rutin menghadap Matahari yang digunakan untuk menilai apakah atmosfer Mars berdebu atau tidak.

Planet Merkuius yang berhasil dipotret dari Mars nampak bagai bayangan gelap samar yang bergerak melintasi wajah Matahari.

Dalam foto, Merkurius hanya berkuran seperenam pixel pada Mastcam sehingga tidak nampak bulat seperti halnya transit Venus dari Bumi pada 2012 silam.

Anda dapat melihat gambar versi gif dan video pengamatan Merkurius dari Mars pada link berikut ini.

Bumi dipotret dari Mars dan sebaliknya. Kredit: NASA
Pada awal Februari 2014 yang lalu, robot penjelajah Curiosity sempat memotret Bumi juga dari permukaan Planet Mars.

Citra yang berhasil diambil pasca Matahari terbenam di Mars ini sangat menarik. Karena saat itu jarak Mars-Bumi adalah sekitar 160 juta kilometer. Bumi terlihat kecil bagai bintang biru yang redup.

Saat dipotret Ciriosity, Bumi memiliki magnitudo -2,4, cukup cemerlang diamati dengan mata telanjang oleh penghuni planet Mars (jika ada).

Di Bumi, kita bisa juga melihat Mars, dengan mata telanjang pula. Planet Mars muncul saat larut malam sampai fajar.

Mars terbit di Timur sekitar pukul 23:00 waktu setempat pada awal Februari 2014. Pada akhir Februari, ia akan terbit lebih awal dan lebih cepat terbenam. Mars akan nampak bagai bintang merah yang tidak berkelap-kelip.

Planet Mars sekarang ini berada di rasi bintang Virgo, ia berada di dekat bintang Spica --bintang paling terang di rasi bintang Virgo.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.