Empat Planet Tata Surya Ini Bakal Muncul di Langit Sepanjang Oktober 2014

Amati 4 Planet Tata Surya Selama Oktober 2014!
Lima Planet Tata Surya Ini Bakal Muncul di Langit Sepanjang September 2014
Istimewa
Info Astronomy - Selama bulan Oktober 2014 ini, penduduk Bumi di manapun berada berkesempatan mengamati total empat planet tata surya di langit malam.

Planet-planet tersebut adalah Merkurius, Mars, Jupiter dan Saturnus. Semuanya dapat diamati dengan mata telanjang ataupun dengan alat bantu. Bagaimana caranya? Simak uraian berikut.

Oh iyam, keempat planet tata surya yang bakal kita amati ini hanya akan nampak bagai bintang saja jika dilihat tanpa alat bantu alias mata telanjang.

Planet Merkurius muncul saat senja
Untuk seluruh wilayah Indonesia, Merkurius sudah mulai nampak dan bisa diamati pada akhir Agustus 2014 dan terus sepanjang September hingga Oktober.

Merkurius akan muncul bagai titik putih tak berkelap-kelip di langit Barat. Namun, kenampakannya hanya akan sampai tanggal 16 Oktober, setelah itu ia akan bergerak 'mendekati' Matahari.

Planet Venus tidak teramati sepanjang Oktober 2014!
Selamat tinggal Venus! Planet yang dijuluki Bintang Kejora ini untuk sementara tidak akan muncul sepanjang Oktober 2014.

Ini disebabkan orbitnya yang masih berada di 'belakang' Matahari jika diamati dari Bumi. Venus akan kembali ke langit Barat saat senja pada awal-awal November 2014.

Planet Mars dan Saturnus muncul dari senja hingga malam
Planet berjuluk Planet Merah dan Planet Cincin ini akan sama-sama berada di langit Barat. Mulai teramati satu jam setelah Matahari terbenam.

Planet Mars nmpak bagai bintang kemerahan tak berkelip sedangkan Saturnus akan nampak bagai bintang kuning keemasan yang tak berkelip juga.

Planet Jupiter muncul saat dinihari
Jupiter adalah obyek langit paling terang keempat setelah Matahari, Bulan, dan Venus di langit malam. Anda akan mudah menemukan Jupiter walaupun belum pernah mengamati sebelumnya.

Untuk menemukan Jupiter, bangunlah sekitar pukul 4:00 dinihari waktu setempat rumah Anda. Jupiter akan bersinar putih kekuningan di langit Timur saat itu.

Kenampakan Jupiter bisa Anda saksikan hingga Matahari terbit sepanjang Oktober 2014. Pastikan langit cerah dalam pengamatan.

Nah, itulah kelima planet tata surya yang dapat kita amati selama September 2014. Selamat mengamati!

Catatan Editor:
Untuk memudahkan Anda menemukan planet-planet tata surya, Anda bisa mengunduh aplikasi peta langit untuk gadget Anda pada tautan ini.